Puluhan Aktivis Ziarah ke Makam Empat Korban Tragedi Trisakti

Sejumlah aktivis ziarah ke makam korban tragedi Trisakti, di TPU Tanah Kusir.
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus.

VIVA - Puluhan aktivis yang mengatasnamakan dirinya Rembug Nasional Aktivis 1998 berziarah ke makam empat mahasiswa korban Tragedi Trisakti, di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu 12 Mei 2019.

Ziarah ke Makam Stevie Agnecya, Anggi Pratama: Sebagian Pesan Terakhir Kamu Sudah Aku Jalankan

Empat mendiang mahasiswa tersebut adalah Elang Mulia Lesmana, Hafidin Royan, Hendriawan Sie, dan Heri Hartanto. Ziarah ini untuk memperingati 21 tahun Tragedi Trisakti yang terjadi pada 12 Mei 1998.

Anggota Rembug Nasional Aktivis 1998, Julianto Hendro Cahyono, mengatakan ziarah tersebut merupakan kewajiban untuk memberikan apresiasi pada empat mahasiswa yang telah memperjuangkan reformasi. Kegiatan dimulai dengan doa bersama yang dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga.

Momen Haru Kunjungi Makam Olga Syahputra, Ruben Onsu: Hanya Rindu

"Ziarah ini bukti kami angkatan 98, mempunyai kewajiban sejarah terhadap kawan-kawan kita yang gugur pada saat kami perjuangkan reformasi total tahun 1998," ujarnya.

Julianto menambahkan mereka juga akan ke makam para korban reformasi Mei 1998, seperti di Pondok Rangon.

Momen Haru BCL Ziarah ke Makam Ashraf Sinclair, Tiko Aryawardhana Setia Mendampingi

"Tanggal 14 Mei mengadakan ziarah ke makam Pondok Rangon, di sana dikubur korban-korban dari kerusuhan Mei 98, ada 1.000-an lebih yang dimakamkan di sana," tuturnya.

Pengamatan VIVA, anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga aktivis 98, Adian Napitupulu, hadir dalam kegiatan tersebut. (ren)

Ilustrasi menikah adat Jawa.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Sebuah kisah menarik datang dari seorang MUA yang membagikan momen ketika seorang pengantin kesurupan gegara tidak berziarah kubur sebelum acara pernikahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024