Logo timesindonesia

Korban Kebakaran Kampung Bandan Bakal dapat Hunian Sementara

ILUSTRASI Pasca Kebakaran (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI Pasca Kebakaran (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Korban kebakaran Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara, bakal mendapat tempat persinggahan baru setelah api membumi hanguskan kawasan padat penduduk tersebut pada Sabtu (11/5/2019). Korban akan mendapatkan hunian sementara dari Pemerintah DKI Jakarta.

Hal tersebut langsung disampaikan Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, terkait penanganan soal para korban kebakaran di kawasan Kampung Bandan tersebut. 

"Jadi solusinya bukan mereka dipindah keluar dari Kampung Bandan, tapi solusinya jangka panjang akan disiapkan hunian sementara untuk di lokasi yang sekarang terkena api," ucap Gubernur Anies kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Mesti lahan yang dihuni oleh para warga tersebut merupakan milik PT KAI namun Gubernur Anies menyatakan bahwa hal ini merupakan kesepakatan antar Pemprov DKI Jakarta dengan PT KAI. 

"Justru KAI merasa bahwa dengan cara begitu maka jelas huniannya, yang menggunakan siapa, dibangunnya oleh siapa, tanahnya juga pemanfaatannya juga jelas," kata Gubernur Anies.

Lebih lanjut, mesti belum memastikan kapan waktu pembangunan rusun tersebut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) ini mengungkapkan tidak ada relokasi bagi para korban kebakaran meski pembangunan rusun itu akan berjalan. 

"Akan disiapkan shelter hunian sementara di tempat itu, sembari pembangunan dilakukan. Jadi, mereka nanti akan disiapkan hunian sementara di situ, Dinas Perumahan Pemprov DKI Jakarta yang menyiapkan hunian sementaranya," jelasnya. (*)