BPJT: Pemudik Arah Cirebon Diimbau Gunakan Reat Area Setelah Cikampek

Kepala BPJT, Danang Parikesit.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, melakukan peninjauan arus mudik melalui jalur udara pada Kamis 30 April 2019. Salah satu yang dipantau adalah jalur mudik yang mengarah ke timur, seperti tol Cikampek hingga ke Cirebon, Jawa Barat.

Polri Berikan Santunan kepada Keluarga Korban Kecelakaan Maut KM 58

Dari hasil pemantauan, hal yang menjadi catatannya adalah terkait adanya kepadatan kendaraan sebelum gerbang tol Cikampek Utama. Menurutnya kepadatan ini salah satunya disebabkan oleh membludaknya kendaraan yang akan masuk rest area.

Untuk mengurai kepadatan dan menghindari kepadatan yang lebih panjang, Danang mengimbau pemudik menggunakan rest area setelah gerbang tol Cikampek Utama. Karena hal itu akan membuat lalu lintas di sebelum gerbang Cikampek utama lebih lancar.

Puncak Arus Mudik: Tol Kalikangkung Merayap Panjang, Sentuh 4 Ribu Kendaraan per Jam

"Cukup banyak pemudik itu masuk rest area sebelum gate cikampek utama dan itu menyebabkan antrean cukup panjang dan beberapa kali kita lihat itu tidak bergerak. Kita ingin imbau pemudik, untuk memanfaatkan rest area setelah gerbang tol Cikampek," kata Danang, di Cirebon, Kamis 30 Mei 2019

Menurut Danang, jika dari Jakarta para pemudik telah mempersiapkan bahan bakar dan kondisi mobil yang prima, maka pemudik bisa mengis BBM di rest area setelah Cikampek Utama. Dengan begitu lalu lintas akan lebih lancar dan para pengguna jalan dapat mendapatkan layanan dan manfaat tol secara maksimal.

Arus Mudik Lebaran, Penampakan Kemacetan Sebelum Masuk Pelabuhan Merak

Selain itu, Danang juga melihat cukup banyaknya mobil pemudik yang berhenti di bahu jalan. Menurut Danang, pemudik harusnya bisa menghindari berhenti di bahu jalan karena berbahaya.

"Ketiga yang kita catat, masih banyak masyarakat yang manfaatkan bahu jalan tol untuk berhenti. Saya kira ini haris dihindari, selain karena membahayakan pengguna jalan, dan potensi menimbulkan kemacetan pada ruas jalan tersebut," ujarnya

Jika pemudik ingin beristirahat, maka seharusnya beriatirahat di rest area, bukan di bahu jalan. 

"kita lihat tadi banyak kendaraan yang kapnya dibuka, apakah karena panas atau masalah mesin lainnya, kita harap agar dicek kondisi mesin terlebih dahulu sebelum berangkat. Manfaatkan rest area setelah cikampek utama," ujarnya
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya