Angka Kecelakaan Darat dari H-7 Hingga H+6 Idul Fitri Turun 71 Persen

Ahmad, Ketua Posko Harian Terpadu Angkutan Lebaran Kemenhub.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA –  Kementerian Perhubungan mencatat angka kecelakaan di darat pada arus mudik dan arus balik lebaran mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

Kecelakaan, Seorang Pria Tergeletak Bersimbah Darah di Cilandak

"Kecelakaan turun sampai 71 persen. Pada 2018 angka kecelakaan mencapai 1.942, sedangkan pada 2019 angka kecelakaan berjumlah 560 kejadian seluruh Indonesia. Dari H-7 hingga H+6 lebaran Idul Fitri," Ketua Posko Harian Terpadu Angkutan Lebaran Kemenhub, Ahmad kepada VIVA di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, 13 Juni 2019.

Dia menjelaskan, penurunan angka kecelakaan ini karena pelayanan semakin baik dan antisipasi dari segi aspek keselamatan sudah dilakukan dari jauh hari sebelumnya. 

Satu Keluarga di Kelapa Gading Jadi Korban Tabrak Lari Saat Olahraga

"Perintah Pak Menteri Perhubungan untuk melakukan ram check di seluruh moda transportasi," katanya. 

Ahmad yang juga menjabat sebagai Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kemenhub itu menuturkan, angka kecelakaan mengalami penurunan karena sudah ada sosialisasi keselamatan sebelumnya dari pihak regulator ke pihak operator ditambah masalah infrastruktur jalan juga sudah baik. 

Aneh Tapi Ada, Mobil Ditabrak Pesawat Ketika Melaju di Jalan Tol

Lanjut dia, adanya kegiatan mudik gratis yang dilakukan oleh berbagai instansi pemerintah dan perusahaan sehingga hal itu dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. 

"Mudik gratis dengan motor meningkat, dengan moda darat pakai truk dan laut pakai kapal," ujarnya. (ren)

Ilustrasi tanda lokasi kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan Maut di Sumut, 4 Orang Tewas

Satuan Lalu Lintas Polres Labuhan Batu sudah melakukan olah TKP untuk mengetahui persis penyebab kecelakaan tunggal itu.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2021