Logo timesindonesia

Kali Cokel, Wisata Alternatif di Pacitan yang Layak Dikunjungi

Sungai Cokel atau Kali Cokel Kabupaten Pacitan. (foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
Sungai Cokel atau Kali Cokel Kabupaten Pacitan. (foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tidak hanya mempunyai 1001 Gua melainkan banyak tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi seperti Kali Cokel atau sungai cokel yang terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku tidak kalah indahnya dengan sungai Maron yang sudah populer di Pacitan. 

Kali Cokel atau sungai cokel aliran sungai yang bermuara ke pantai Watu Karung tempat pelabuhan perikanan tradisional. Sepanjang aliran sungai dipenuhi rerimbunan pohon kelapa yang berjajar serta tumbuhan-tumbuhan liar yang menghiasi di sepanjang aliran sungai cokel.

"Sungai ini penuh dengan keindahan panorama alamnya yang masih alami," kata Choiril Anam pengunjung asal Ponorogo, Sabtu (29/6/2019).

Ia mengatakan, Sungai Cokel bisa menjadi alternatif wisata lainnya di Pacitan karena  memiliki karakter airnya yang cukup jernih.

"Kalau pingin menyusuri sungai ada penyewa perahu per orang 15 ribu pengemudi perahu siap mengantarkan untuk menyusuri sungai Cokel," katanya.

Di sisi lain Agus Widodo bersama Istri seorang  pedangan makan dan minuman di sebelah parkiran juga menjelaskan, kejernihan sungai cokel berasal dari sumber air Goa Luweng Jaran.

Di dekat Kali Cokel atau sungai cokel arah ke selatan kurang lebih 1,5 kilometer terdapat Pantai Kasap yang menawarkan panorama seperti Raja Ampat, Papua. Menuju ke dua lokasi wisata itu  hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki.(*)