Tenggarong Punya Pulau Kumala, Dijuluki Ancolnya Kutai Kartanegara

Pulau Kumala.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, resmi menjadi ibu kota Republik Indonesia yang baru bersama Kabupaten Penajam Paser Utara.

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Tapi, tahu enggak, kalau Kukar punya lokasi wisata terkenal? Namanya Pulau Kumala. Letaknya di Tenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara.

Berdasarkan data yang diolah VIVA, Senin, 26 Agustus 2019, Pulau Kumala merupakan sebuah pulau yang terletak di delta Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah barat Kota Tenggarong.

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

Sedangkan, Mahakam adalah sungai sepanjang 920 kilometer di provinsi Kalimantan Timur yang juga sungai terpanjang kedua di Indonesia. Pulau Kumala memiliki luas 76 hektare, yang jika dilihat dari atas berbentuk perahu.

Pulau ini awalnya hutan yang ditumbuhi aneka pohon khas Kalimantan, seperti ulin dan meranti, serta rumah bagi bekantan, monyet berhidung panjang. Pada 2000, pemerintah kabupaten mulai membangun Pulau Kumala untuk dijadikan obyek wisata.

Penampakan Gedung di IKN, dari Kantor Menteri Hingga Wakil Presiden

Impiannya ingin menyamai Ancol atau pun Taman Mini Indonesia Indah. Saat ini, sebagian area sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jet coaster hingga kereta api mini untuk mengelilingi pulau.

Selain itu, Pulau Kumala juga punya Sky Tower yang tingginya mencapai 75 meter yang merupakan planetarium yang berfungsi untuk melihat pemandangan Pulau Kumala dan juga Kota Tenggarong dari ketinggian.

Kemudian, pulau ini juga terdapat aquarium yang menampung ikan pesut (orcaella brevirostris).

Pulau Kumala berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Samarinda, ibu kota Kalimantan Timur, yang dapat ditempuh melalui Jembatan Kutai Kartanegara dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Sedangkan, dari Kota Balikpapan, yang memiliki fasilitas Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (dahulu bernama Sepinggan) dan Pelabuhan Semayang, bisa ditempuh kurang lebih 3 jam atau 130 kilometer lewat jalan darat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya