Logo timesindonesia

Masjid Al Akbar Siapkan 9 Teropong Nobar Gerhana Matahari Cincin

Grafis Nobar Gerhana Matahari Cincin. (Foto: Istimewa)
Grafis Nobar Gerhana Matahari Cincin. (Foto: Istimewa)
Sumber :
  • timesindonesia

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dan Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur akan menggelar nonton bareng (nobar) gerhana matahari cincin. Nobar akan digelar pada Kamis (26/12/2019) bertempat di halaman masjid sebelah timur.

Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, acara nobar gerhana matahari akan digelar mulai pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. Bahkan pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 9 teropong.

"Kita juga menyiapkan 9 teropong di atas panggung setinggi 99 meter," kata Helmy dalam keterangan resminya, Rabu (25/12/2019).

Selain teropong, panitia juga akan membagikan kacamata gerhana. Dan selama menonton, masyarakat akan mendapat bimbingan langsung dari para ahli falak dari LFNU. 

"Selama menonton akan dibimbing 9 ahli falak LFNU Jatim atau ahli astronomi. Dan diberikan gratis 99 kacamata gerhana serta selfi background  gerhana matahari realtime lewat layar lebar," terangnya.

Tak hanya nobar, lanjut Helmy, pihaknya tak lupa juga menggelar shalat gerhana. Shalat akan dilaksanakan pada pukul 12.30 WIB di sela-sela nobar gerhana matahari cincin di Masjid Al Akbar Surabaya. "Salat gerhana bertindak sebagai imam dan katib KH A Muzakky Al Hafidz pukul 12.30 WIB," ujarnya.(*)