Kronologi Pasien Positif Corona Kabur dari RS Persahabatan

Petugas kesehatan memeriksa data pasien terjangkit corona.
Sumber :
  • The New York Times

VIVA – Satu orang pasien positif virus corona (COVID-19) melarikan diri dari ruang isolasi RSUP Persahabatan, Jakarta. Disebutkan oleh pihak rumah sakit bahwa pasien tersebut kabur dengan bantuan dari keluarga.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Tidak diizinkan (keluar). Dia keluar dan sudah ditunggu oleh keluarga," ujar Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan Sp.P., di kantornya, Jumat 13 Maret 2020.

Lebih lanjut Erlina menjelaskan bahwa ruang isolasi bukanlah dibentuk seperti penjara yang dikunci dengan jeruji besi. Ada pintu masuk dan keluar, serta diberikan pengamanan dari petugas yang berjaga.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"Jadi diisolasi juga enggak kayak penjara yang dikunci pakai gembok. Ada juga tempat masuknya karena pasien harus masuk dari depan. Begitu masuk, petugas meleng, sudah keluar, sudah ada keluarga," jelasnya.

Erlina menambahkan bahwa pasien tersebut memang sudah terbukti positif virus corona jenis baru dan kabur sejak minggu lalu. Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan dan berasal dari Jakarta.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Mungkin minggu yang lalu. Perempuan. Kami dapat dari Dinkes, kata Dinkes begitu (positif). (Dia orang jakarta) Iya," katanya.

Erlina menuturkan bahwa saat ini ia masih mengecek apakah pasien sudah dijemput kembali dan dirawat di RS rujukan selain RSUP Persahabatan. Ia pun berharap agar hal ini tak lagi terulang, karena berpotensi menularkan virus berbahaya ke warga di sekitar.

"Bahwa ternyata orang ini berkeliaran di masyarakat kan berpotensi untuk menularkan," ujarnya.

Tak perlu panik hadapi Corona. Lihat tips terhindar virus Covid-19 pada video di bawah:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya