Anies Jamin Bansos Corona Tahap Kedua Disalurkan Lebih Akurat

Anies Baswedan di Pasar Grosir
Sumber :
  • instagram anies baswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menjamin bahwa bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan pemerintah untuk kedua kalinya di masa PSBB Corona atau COVID-19, akan didistribusikan lebih akurat.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Menurut Anies, metode pengecekan langsung oleh perangkat wilayah dilakukan supaya tidak bansos yang salah sasaran. Bantuan sosial tahap 2 untuk warga terdampak COVID-19 direncanakan akan mulai digulirkan pada Kamis, 14 Mei 2020.

"Kita kirimkan data-data (calon penerima bansos) kepada ketua-ketua RW, daftarnya. Lalu ketua RW melakukan verifikasi, lalu dikembalikan lagi ke kita," ujar Anies di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Anies menyampaikan, pada penyaluran tahap kedua, akan ada lebih banyak Kepala Keluarga (KK) yang menerima bansos. DKI, langsung bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) sehingga ada akumulasi data daerah dan pusat.

"Nanti sesudah selesai (pembahasan) dengan Kemensos, kita umumkan jumlahnya. Tapi ya jumlahnya jadi lebih banyak," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Anies juga mengemukakan, akan ada perubahan nilai bansos, termasuk barang-barang kebutuhan pokok yang diterima warga. DKI menargetkan penyaluran bantuan dilakukan sesegera mungkin.

"Nanti (kepastian penyaluran bansos) diumumkan bareng dengan Kemensos," kata dia.

Baca: KPK Fasilitasi Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Korupsi Jiwasraya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya