5 Provinsi Penambahan Kasus Corona Tertinggi, Dominasi di Pulau Jawa

Presiden Joko Widodo Tinjau RS Darurat COVID-19 di Pulau Galang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Hari ini kasus positif Corona di Tanah Air kembali meningkat. Tercatat ada 1.017 kasus konfirmasi positif Corona COVID-19 baru di Indonesia. Dari tambahan data hari ini, tercatat kasus konfirmasi positif COVID-19 secara total ada sebanyak  39.294 kasus.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Dari pemeriksaan hari ini memberikan tambahan kasus positif yang kita konfirmasi sebanyak 1.017 orang. Sehingga totalnya menjadi  36.294 orang," kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19  Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan secara streaming di YouTube BNPB, Senin 15 Juni 2020.

Yuri merinci lebih lanjut dari tambahan 1.017 kasus konfirmasi positif hari ini terlihat ada lima provinsi yang masih cenderung tinggi penambahan kasusnya. Pertama Jawa Timur, hari ini dilaporkan ada penambahan kasus baru konfirmasi positif di Jawa Timur sebanyak 270 kasus, sehingga total kasus positif COVID-19 di Jawa Timur ada sebanyak 8.063 kasus. Namun hari ini dilaporkan ada 62 pasien yang dinyatakan sembuh.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kasus penambahan positif tertinggi lainnya ada di Provinsi DKI Jakarta yang tercatat sebanyak 142 kasus, sehingga total kasus positif di DKI Jakarta sebanyak 9.120 kasus . Meski demikian, hari ini ada sebanyak 106 pasien yang dinyatakan sembuh.

Penambahan kasus konfirmasi positif terbanyak selanjutnya ada di Provinsi Jawa Tengah yang melaporkan ada penambahan kasus sebanyak 116 kasus hari ini sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Jawa Tengah ada sebanyak 2.175 kasus. Hari ini Jawa Tengah juga melaporkan ada 36 pasien sembuh.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Keempat, Provinsi Sulawesi Selatan yakni sebesar 101 kasus, sehingga total ada sebanyak 2.941 kasus konfirmasi positif di sana. Dilaporkan juga hari ini ada 142 pasien sembuh di Sulawesi Selatan.

Kelima, Kalimantan Selatan yang mencatatkan penambahan kasus positif terbanyak yakni sebesar 66 kasus. Sehingga kasus konfirmasi positif secara keseluruhan sebanyak 1.953 kasus. Dilaporkan ada 16 pasien sembuh di Kalimantan Selatan.

Yuri menjelaskan, penambahan kasus positif terkonfirmasi hari ini yang mencapai 1.017 merupakan tindak lanjut dari pemerintah daerah untuk melakukan pemeriksaan secara masif.

"penambahan ini terjadi karena dilakukan pemeriksaan yang masif. semua kasus kontak positif dengan orang yang kita rawat kita tracing dan ditindaklanjuti dengan tes," lanjutnya.

Di sisi lain, hari ini dilaporkan ada 19 provinsi yang melaporkan adanya penambahan kasus di bawah 10. Dan sebanyak 11 provinsi yang melaporkan tidak ada penambahan kasus sama sekali seperti Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Lampung, Papua, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Hari ini Papua melaporkan tidak ada kasus baru tapi ada 63 pasien yang dilaporkan sembuh. Banten melaporkan 3 kasus konfirmasi baru dan dilaporkan 20 orang sembuh. Bali melaporkan 19 kasus baru, dan 28 pasien sembuh," kata dia.

Baca juga: Sadis, Polisi Ditusuk 9 Kali oleh Teman dari Eks Tempat Bertugas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya