KNKT Ikut Olah TKP Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Suatu truk terlibat kecelakaan di Tol Cipularang Senin siang 2 September 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ibnu Chazar

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ikut serta dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan beruntun di Kilometer 91-400 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Video Aksi Ugal-ugalan Sopir Bus Bikin Resah Warganet

Investigator KNKT Budi Susandi menjelaskan, ada beberapa item yang nantinya akan diperiksa oleh KNKT mulai dari infrastruktur ruas jalan dan kendaraan yang terlibat.

“Lampu dan rambu marka dan fasilitas yang ada di sini apa lengkap atau tidak, ketiga adalah masalah geometri apakah ini apakah turunan panjang, apakah aman atau tidak,” ujar Budi, Selasa, 3 September 2019.

Ahli Beberkan Jeroan Bus Maut Subang: Keledai Dipaksa Jadi Kuda

Budi mengemukakan, acuan investigasi kecelakaan maut mengacu pada data dari Korlantas. Nantinya, dua pekan kemudian KNKT memberikan rekomendasi kepada pihak terkait.

“Kami menunggu dari kepolisian untuk sharing data terkait kasus ini, setelah melakukan investigasi yaitu berupa olah TKP, pemeriksaan terhadap saksi dan sarana,” ujarnya.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Alasan Tidak Ada Pintu Sopir di Bus

Dia menambahkan, “Kami diharuskan dua minggu setelah itu melakukan pelaporan, yang berisi kepada operator, regulator dan juga pihak lain yang berkaitan dengan kecelakaan ini. Kami ikut agendanya Korlantas dan Polda Jabar".

Kecelakaan beruntun terjadi pada Senin 2 September 2019 itu, melibatkan 21 kendaraan dan mengakibatkan empat kendaraan terbakar sehingga menewaskan delapan orang. Sementara itu, 28 orang lainnya mengalami luka-luka.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail

Ini Pertimbangan Komisi B DPRD DKI Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail membeberkan beberapa pertimbangan untuk membahas isu kenaikan tarif bus Transjakarta.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024