Wapres JK: Warisan Penting Habibie, Teknologi dan Demokrasi

Presiden B.J.Habibie mengacungkan telunjuknya sambil berguyon.
Sumber :
  • Dok. ANTARA FOTO/Audy MA/foc.

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Presiden ke-3 BJ Habibie. Wapres JK menyebut ada dua hal penting yang diwariskan oleh suami Aniun Habibie tersebut.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

"Beliau telah menghabiskan waktunya untuk membangun bangsa ini dalam dua hal yang sangat penting. Teknologi dan juga demokrasi bangsa ini," kata JK, Kamis 12 September 2019.

Menurut JK, Habibie sosok yang mengabdikan dirinya dalam teknologi dan juga sekaligus negarawan. Menurutnya itu yang membedakan Habibie dengan Soekarno.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"Bung Karno juga seorang insinyur, tapi lebih kepada politik. Kalau beliau (Habibie) lebih kepada implementasi teknologi, terus pemerintahan," ujar JK.

Wapres mengaku sejak awal dia memang mengenal Habibie karena buah pikirnya. JK juga kagum Habibie kerap memberikan penjelasan kepada anak-anak muda terkait Iptek.

Pandemi COVID-19 di Indonesia Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Prokes

"Jadi itu sejak awal saya mengenal beliau karena mengenal ide-ide beliau yang dulu. Banyak hal termasuk, dia sangat senang untuk memberikan penjelaskan kepada generasi muda," kata JK.

Sebelumnya, Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf Kalla menghembuskan napas terakhirnya Rabu, 11 September 2019, pada pukul 18.05 WIB. Banyak kenangan juga warisan yang ditinggalkan sosok yang dikenal sebagai ahli pesawat terbang tersebut di masa hidupnya.

Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022