Setelah Molor Satu Jam, Upacara Pelantikan Dimulai

Sejumlah menteri kabinet kerja bersiap mengikuti upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Tanpa ada penjelasan mengapa molor hingga satu jam, akhirnya upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2019-2014 dilakukan.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Tepat pukul 15.30 WIB upacara pelantikan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Seharusnya upacara pelantikan dimulai pada pukul 14.30 WIB, namun tanpa penjelasan upacara molor hingga satu jam. 

Menurut catatan, upacara pelantikan Jokowi dan Maruf Amin diperkirakan hanya akan memakan waktu selama 1 jam 18 menit. Jika sesuai jadwal, upacara pelantikan diperkirakan selesai sekitar pukul 16.48 WIB.

Polisi Bekuk Pria Diduga Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

Setelah penandatanganan berita upacara, maka Jokowi dan Maruf Amin sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Masa jabatan akan dimulai sejak 20 Oktober 2019 hingga tahun 2024. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap rencana upacara HUT RI dan pelantikan Presiden baru di IKN

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024