Ini Sumpah yang Diucapkan Jokowi Saat Pelantikan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dengan sumpah yang diucapkan, maka Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Pengucapan sumpah dilakukan saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2019. Jokowi lebih dulu mengucapkan sumpah, dan Maruf Amin setelahnya. 

Saat pengucapan sumpah, Jokowi dan Maruf Amin berdiri dari kursi mereka masing-masing. Dibawah Alquran, keduanya mengucapkan sumpah secara bergantian. 

Polisi Bekuk Pria Diduga Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," begitu sumpah yang diucapkan oleh Jokowi. 

Setelah Maruf Amin juga mengucapkan sumpah, maka pasangan ini resmi menjadi Presiden dan Wapres RI untuk periode 2019-2024. Usai pelantikan keduanya lalu menandatangani berita acara pelantikan.

Polisi Cokok Wanita yang Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

Sesuai menandatangani berita acara pelantikan, Maruf Amin bertukar kursi dengan Jusuf Kalla. Sebuah simbolik bahwa kursi jabatan Wakil Presiden telah bertukar dari Jusuf Kalla ke Maruf Amin.

Sidang paripurna dengan agenda tunggal pelantikan Jokowi-Maruf ini molor satu jam dari jadwal yang sudah ditetapkan.  Sidang paripurna ini dihadiri lebih dari 16 pejabat dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga utusan. Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, pejabat negara, sejumlah menteri kabinet Indonesia Kerja juga terlihat hadir. Tokoh bangsa lainnya adalah Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Basuki Tjahaja Purnama. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap rencana upacara HUT RI dan pelantikan Presiden baru di IKN

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024