Dua Narapidana Kabur dari Rutan Wates Berhasil Ditangkap

Ilustrasi tahanan diborgol
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVAnews - Dua narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Wates yang melarikan diri pada Minggu, 27 Oktober 2019, berhasil ditangkap oleh petugas. Kedua narapidana yang ditangkap ini adalah Pinasthi Bayu Setya Aji dan Sutristiyanto.

Narapidana Gali Lubang untuk Kabur dari Penjara, Malah 'Mendarat' di Restoran Cepat Saji

Kepala Rutan Wates, Deny Fajariyanto, menjelaskan narapidana atas nama Pinasthi Bayu Setya Aji ditangkap di Alun-alun Kebumen, Jawa Tengah, pada Senin sore, 28 Oktober 2019. Bayu dibekuk saat akan bertemu seorang temannya di Alun-alun Kebumen.

"Penangkapannya (Bayu) kemarin sore pukul 17.30 di Alun-alun Kebumen. Saat itu dia (Bayu) sedang duduk di Alun-alun Kebumen. Posisinya (saat ditangkap) di Alun-alun itu dia sendirian. Karena dia janjian sama teman yang dulu pernah di sini (menjadi tahanan Rutan Wates dan sudah bebas)," ujar Deny saat dihubungi, Selasa, 29 Oktober 2019.

Aneh, Pria Ini Nyamar Jadi Domba Untuk Kabur dari Penjara

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Kulon Progo, AKP Ngadi, menyebut narapidana atas nama Sutristiyanto ditangkap saat bersembunyi di kebun jagung yang berjarak satu kilometer dari Rutan Wates.

Ngadi menerangkan penangkapan terhadap Sutristiyanto berdasarkan dari laporan seorang warga yang tengah mencari rumput. Warga tersebut, sambung Ngadi melihat Sutristiyanto yang dalam kondisi terluka bersembunyi di kebun jagung.

Kronologi Penyerangan Penjara Meksiko yang Bebaskan Pemimpin Kartel Caborca

Usai melihat Sutristiyanto, warga pun melaporkannya ke petugas kepolisian. Petugas pun membekuk Sutristiyanto yang terluka dan telah bersembunyi selama dua hari.

"Dapat laporan itu, kami langsung bergerak dan akhirnya kita berhasil menangkap Sutristiyanto tadi siang. Jadi lima napi yang kabur sudah tertangkap semua. Kondisinya (Trisno) saat ditangkap lemah dan kaki kanannya terluka. Mungkin lukanya karena meloncat dari tembok rutan saat kabur kemarin," kata Ngadi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, lima orang narapidana di Rutan Wates berhasil melarikan diri. Kelimanya melarikan diri dengan cara menjebol jeruji saluran air dan melompati pagar belakang Rutan Wates. Tiga narapidana lainnya berhasil ditangkap pada Minggu, 27 Oktober 2019, sesaat setelah melarikan diri dari Rutan Wates. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya