Pangandaran Diguncang Gempa 4,9 Skala Richter

Gempa bumi guncang Pangandaran.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Wilayah Kabupaten Pangandaran Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,9 Skala Richter pada puk 15.38 WIB, Jumat, 1 November 2019.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Dari hasil BMKG, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.16 LS - 107.89 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 84 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman 31 kilometer.

"Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas gempa bumi di intraslab lempeng Eurasia," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam keterangannya di Jakarta.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Menurutnya, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan  di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas I - II MMI. 

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," katanya.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Hingga laporan ini dibuat pukul 16:10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Untuk itu, ia mengimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut. (ren)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024