Logo BBC

Sertifikasi Pranikah untuk Tekan Angka Perceraian, Efektifkah?

- GOH CHAI HIN/AFP via Getty Images
- GOH CHAI HIN/AFP via Getty Images
Sumber :
  • bbc

Program sertifikasi pranikah yang rencananya diterapkan pemerintah mulai 2020, salah satunya, disusun untuk menekan angka perceraian di Indonesia. Tetapi, efektifkah sesi konseling pranikah mencegah pasangan berpisah?

Menurut psikolog keluarga, Monica Sulistyawati, tidak ada jaminan bahwa sesi konseling pranikah dapat mengurangi potensi perceraian.

"Jaminan sebenarnya tidak, karena kembali lagi ke individu masing-masing," ungkapnya kepada BBC News Indonesia, Selasa (19/11).

Meski demikian, Monica mengapresiasi langkah pemerintah untuk menerapkan program sertifikasi pranikah. Ia menilai, penting bagi pasangan yang akan berumah tangga untuk mengenal satu sama lain dengan baik, agar terhindar dari `kejutan-kejutan` saat mulai membina keluarga.

"Banyak banget pasangan yang kurang memiliki wawasan di situ, bahwa ternyata mereka harus saling mengenal, harus saling mengetahui karakter masing-masing pasangan, kemudian apa yang harus dipersiapkan untuk bisa berjalan bersama-sama di dalam pernikahan," imbuhnya.

Menurut anggota Tim Pakar Bina Keluarga Sakinah Kementerian Agama, Alissa Wahid, salah satu faktor penyebab utama perceraian adalah terjadinya konflik yang berkepanjangan.

"Karena itu, ini yang harus dibereskan. Dalam pembekalan (diajarkan) bagaimana supaya bisa `berkonflik` dengan baik dan benar. Gampangnya begitu," kata Alissa usai menghadiri audiensi soal sertifikasi pranikah di kantor Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Selasa (19/11).