Jokowi Cek Lokasi Ibu Kota Baru Sambil Resmikan Tol Balsam

Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden Joko Widodo, dijadwalkan mengunjungi lokasi yang akan menjadi Ibu Kota baru RI di Kalimantan Timur hari ini, Selasa 17 Desember 2019. Dalam kesempatan itu, Jokowi pun akan meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda atau Balsam. 

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Kepala negara berangkat dari Lanud Halim Perdana Kusumah Jakarta, pagi ini. Ruas tol Balsam yang diresmikan adalah seksi Samboja-Samarinda. 

Setelah peresmian itu, Jokowi akan langsung meninjau lokasi Ibu Kota RI baru yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan Presiden Jokowi ingin melihat secara utuh dan nyata lokasi Ibu Kota baru tersebut. 

"Pak Presiden akan jalan darat (di Kaltim), ingin melihat suasananya, keadaannya seperti bagaimana di sana," ujar Suharso di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin kemarin.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Presiden Jokowi juga sebelumnya mengatakan ingin mengecek lokasi yang sudah ditetapkan sebagai Ibu Kota baru.

"Saya ingin memastikan titik mana yang dipakai untuk cluster pemerintahan," ujar Jokowi.

"Titik yang pertama kali harus ditentukan yaitu cluster pemerintahan, artinya Istana ada di situ, kementerian-kementerian ada di situ, ini penting," ungkapnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya