Misa Malam Natal, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Gereja di Jakarta

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis.
Sumber :
  • VIVAnews/ Arrijal Rachman

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis menyambangi umat kristiani yang sedang melaksanakan ibadah misa malam Natal 2019 di wilayah Jakarta

Pakai Baret Merah, Momen Prabowo Subianto Hadiri HUT ke-72 Kopassus

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono turut dalam kunjungan itu.

Gereja pertama yang mereka sambangi adalah HKBP Slipi, yang berlokasi di Jalan Anggrek Cendrawasih VII, Palmerah, Jakarta Barat. Rombongan tiba sekitar 19.28 WIB, dan sesaat kemudian langsung pindah lokasi ke Gereja GPIB Shalom dengan berjalan kaki, lantaran lokasinya yang tak terlalu jauh.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meyampaikan, kunjungannnya tersebut bertujuan untuk meninjau langsung proses pengamanan aparat gabungan TNI dan Polri untuk ibadah misa malam natal para umat kristiani. Dia pun menjamin, semua pengamanan berjalan dengan baik.

"Kami, TNI-Polri tetap menjaga dan terus mengamankan jalannya perayaan natal 2019, damai di hati damai di bumi. Harapan kami, tidak ada gangguan sedikitpun sehingga perayaan natal bisa dilaksanakan dengan khusyuk, dengan sitausi aman dan damai," katanya di HKBP Slipi, Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Kunjungan terakhir dilakukan ke Gereja Katolik Bunda Hati Kudus yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat. Mereka secara simbolis juga memberikan arahan dan menyerahkan cendera mata bagi petugas gabungan yang melaksanakan pengamanan.

"Setelah beberapa hari bapak kapolda dan pangdam tinjau seluruh tempat untuk meyakinkan malam tanggal 25 aman, saya meyakinkan datang ke tempat ini melihat langsung memang benar yang dikatakan pangdam dan kapolda," kata Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Idham menambahkan, peninjauan tidak akan dilakukan di Jakarta saja, namun juga di daerah-daerah lain di Indonesia. Mulai besok hingga 1 Januari 2020 dipastikannya mereka akan di luar daerah untuk menunjukan kehadirannya dalam menjamin keamanan ibadah umat kristiani.

"Alhamdulillah sampai saat ini seluruh Indonesia berjalan aman. Kami bersama pak panglima malam ini di Jakarta, besok sampai tahun baru ke wilayah-wilayah dan seluruh polda," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya