Tangkal Virus Corona, Hewan Hidup Impor dari China Akan Dikembalikan

Ilustrasi reptil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Pemerintah Indonesia, benar-benar memproteksi diri terhadap ancaman penyebaran Virus Corona. Selain menyetop sementara penerbangan dari dan ke China, membatasi turis negara itu ke Tanah Air, pemerintah juga melarang impor hewan-hewan hidup dari China.

Laris Manis, Mobil Listrik Xiaomi SU7 Sudah Diproduksi 10.000 Unit

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tidak hanya melarang. Jika ada yang sudah diimpor ke Indonesia, maka akan dikembalikan.

"Karena disampaikan metode transmisi penyakit melalui human to human dan wild animal, kebijakan pemerintah melarang impor life animal dari Tiongkok. Kalau sekarang ada yang dikirim akan dikembalikan," kata Airlangga di Istana Bogor, Selasa 4 Februari 2020.

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan, hewan-hewan reptil itu ditakutkan bisa membawa Virus Corona. Sehingga diambil kebijakan, semua hewan hidup yang biasanya didatangkan dari China, sementara waktu tidak dibolehkan.

"Hewan hidup itu yang semacam ada yang kura-kura, ular, dan reptil, itu enggak boleh. Itu berkaitan dengan virus (Corona)," katanya di lokasi yang sama.

Indonesian Embassy in Beijing Exposes Bride Scam in China

Meski ada penghentian ini, nilai ekonominya dianggap tidak terlalu besar dan memberatkan. Setelah keputusan ini, akan dibuatkan peraturan oleh menteri perdagangan. Kapan selesainya, Agus mengatakan hingga ada hasil evaluasi.

"Setelah Presiden mengevaluasi kembali. Sifatnya sementara, tidak selamanya karena ini mengantisipasi saja," katanya. [mus]

Bea Cukai menerapkan skema self-assessment untuk importasi barang kiriman

Lapor Impor Barang Kiriman Hasil Perdagangan dengan Benar, Denda Terhindar

Dengan skema ini, importir dapat menyampaikan pemberitahuan data barang kiriman dan menghitung sendiri pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI).

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024