Corona Masuk Indonesia, Risma Gelar Doa Bersama di Surabaya

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini
Sumber :
  • nur faishal/VIVAnews

VIVA – Pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menggelar doa bersama pada Senin, 2 Maret 2020. Doa bersama ini digelar dengan harapan agar dihindarkan dari wabah Coronavirus yang kini sudah masuk ke Indonesia.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Lima titik lokasi doa digelar, sesuai agama para masing-masing pegawai Pemkot. Salah satu titik dihadiri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma. 

Para pegawai beragama Islam menggelar doa bersama di Taman Surya. Di situ, Risma bergabung. Sementara yang beragama Kristen berdoa di Graha Sawunggaling Lantai 6 dan untuk yang beragama Budha berdoa di Vihara Budhayana Dharma Wira Center Jalan Panjang Jiwo.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Pemeluk Hindu berdoa di Pura Segara Kompleks TNI AL Kenjeran. Adapun pemeluk Konghuchu berdoa di Klenteng Boen Bio Jalan Kapasan. 

Dalam sambutannya, Risma menyampaikan, berita virus Corona saat ini sudah luar biasa. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), siapa pun dan di mana pun orang bisa terkena virus tersebut. 

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

“Karena itu, mari kita berdoa semoga selalu diberi kesehatan di mana pun kita berada,” katanya. 

Risma menjelaskan, setiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus memiliki hand sanitizer masing-masing. Bahkan, di setiap rumah pun ia mengimbau agar menyediakan pembersih kuman. 

“Agar tetap steril dan higienis, terutama sebelum dan setelah beraktivitas. Tolong itu dilakukan, supaya tidak ada virus dan kuman yang nyangkut,” ujarnya.

Rempah-rempah Bisa Cegah Virus Corona

Risma menceritakan bahwa ada seorang profesor dari Kampus Universitas Airlangga (Unair) yang menemukan temuan untuk pencegahan virus corona. Yakni dengan banyak mengkonsumsi zat yang mengandung kurkuma, seperti jahe, siri, temulawak, dan kunyit.

Ia memberi contoh, tujuh orang India di Kota Wuhan, China, sampai hari ini selamat dan tidak terjangkit virus.

Karena itu, ia mengajak warga Surabaya banyak mengkonsumsi zat mengandung kurkuma seperti diasup tujuh warga India tersebut.

"Orang India adalah konsumennya dari rempah-rempah. Saya juga masih cek di Negara Turki seperti apa, karena Turki pengguna rempah-rempah juga,” papar Risma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya