RSUD Depok Rujuk Satu Pasien Terindikasi Corona ke RSPI

Ilustrasi antisipasi penyebaran virus corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok membenarkan ada seorang pasien diduga suspect virus corona yang akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso,? Jakarta, pada Selasa, 3 Maret 2020. Pasien tersebut warga negara Indonesia yang sempat ke China.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Dugaan. Pasien yang diduga ke arah corona. Diduga dengan gejala-gejala yang sudah kami analisis sebelumnya dan sebelumnya pasien itu ada riwayat pulang dari China satu bulan yang lalu," kata Humas RSUD Depok, Setya Hadi.

Hadi menjelaskan, pasien tidak sempat menjalani perawatan di RSUD Depok. "Jadi baru hari ini. Iya (langsung). Kami koordinasi dulu dengan RSPI. Kemudian RSPI minta langsung ke sana ya sesuai dengan alurnya, kami kan harus melakukan pelaporan ke sana."

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Hadi juga membantah jika pasien tersebut ada kaitannya dengan dua warga Depok yang positif corona. "Enggak (tidak ada kaitannya)," ujarnya.

Ia mengaku, pasien tersebut adalah seorang laki-laki berusia sekira 26 tahun. "Belum ada lagi yang terindikasi, baru itu. Mudah-mudahan enggak ada lagi, kita berharap," ucapnya.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia
Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023