Positif Corona di Jatim Jadi 9 Orang

VIVAnews - Jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di Jawa Timur bertambah jadi sembilan orang. Sementara jumlah pasien dalam perawatan (PDP) juga bertambah sebanyak 36 orang dan orang dalam pengawasan (ODP) bertambah menjadi 91 orang.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Di Jawa Timur tambah satu lagi yang positif, sehingga total yang positif Covid-19 jadi sembilan. Kemudian update sampai pukul 16.00, yang masuk kategori PDP 36 orang, dan yang masuk kategori ODP sebanyak 91 orang," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis sore, 19 Maret 2020.

Kesembilan pasien positif corona itu tujuh orang dirawat di rumah sakit rujukan di Surabaya dan dua pasien dirawat di Malang. Adapun jumlah PDP yang paling banyak tersebar di tiga kabupaten/kota, yaitu Malang Raya sebanyak 8 orang, Surabaya sebanyak 7 orang, dan Tulungagung sebanyak 4 orang.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Yang tambahan satu positif tadi di Surabaya," ujar Khofifah.

Di bagian lain, Komisioner Komisi Informasi Publik Jatim, Imadoeddin, meminta Pemprov Jatim lebih terbuka dalam memberikan informasi tentang corona dan sebarannya. Jika tidak transparan, masyarakat justru dirugikan.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

"Kalau alasannya hanya tidak ingin membuat panik tapi kepentingan masyarakat tidak terlindungi, maka sesungguhnya kebijakannya itu dapat merugikan publik," ujarnya.

Menurut Imadoeddin, informasi corona merupakan informasi yang penting dan harus diketahui oleh publik. Sebab, berkaitan dengan hajat hidup banyak orang. Dasar hukumnya, lanjut dia, ialah Pasal 10 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023