Peringatan Isra Mikraj di Depok Ditunda Karena Corona

Ilustrasi kota Depok.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Berdasarkan kesepakatan bersama, kegiatan peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad (sebelumnya disebut Maulid Nabi) yang bakal digelar di salah satu masjid di wilayah Cilodong, Depok, Jawa Barat, akhirnya dibatalkan. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Acara yang tadinya bakal melibatkan banyak orang dan berlangsung pada Sabtu malam, 21 Maret 2020, itu akhirnya disepakati untuk ditunda sementara waktu, sesuai dengan instruksi maupun arahan pemerintah untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

"Alhamdulillah, akhirnya telah disepakati bahwa acara ditunda. Kami sangat mengapresiasi pihak pengurus masjid dan panitia acara yang begitu peduli dengan kesehatan masyarakat," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Depok, Lienda Ratna Nurdianny.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Imbauan terkait hal itu sesuai dengan SK Wali Kota Depok Nomor 360/137/Kpts/DPKP/Huk/2020 tanggal 18 Marat 2020 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Depok.

Kemudian surat edaran Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat tanggal 18 Maret 2020 tentang protokol pelaksanaan solat jumat/berjamaah untuk mencegah penyebaran kondisi Covid-19 di masjid di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pemerintah Depok mengimbau kepada seluruh umat beragama di kota itu untuk tidak melaksanakan ibadah di tempat ibadah yang melibatkan banyak orang dan menggantinya dengan ibadah di rumah masing-masing. 

Dalam surat edaran itu pemerintah setempat juga mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan perayaan atau kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan banyak orang. 

Imbauan berlaku mulai 20 Maret sampai 4 April 2020 dan akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan situasi di Kota Depok. "Ini semua demi kemaslahatan umat dan menjaga serta melindungi masyarakat Kota Depok dari potensi Covid-19," kata Lienda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya