Sore Ini, Wisma Atlet Kemayoran Siap Digunakan Pasien Corona

VIVA – Presiden Joko Widodo memastikan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta akan resmi digunakan pada Senin sore ini, 23 Maret 2020. Setelah ditinjau, wisma ini dinyatakan siap untuk menjadi RS Darurat Covid-19.

Jokowi dan SBY Jadi Mentor Andal Prabowo, Menurut Pengamat

Itu dinyatakan Presiden, saat meresmikan Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Darurat Covid-19. Kapasitas seluruhnya mencapai 24 ribu. Tetapi beberapa tower akan difungsikan terlebih dahulu untuk isolasi pasien positif maupun yang masih Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

"Wisma Atlet ini memiliki kapsitas 24 ribu orang yang saat ini yang telah disiapakna adalah untuk 3 ribu pasien," kata Jokowi, dalam keterangannya di Wisma Atlet, Senin 23 Maret 2020.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

Ruangan sudah ditata dengan baik, dengan memisahkan antara ruang untuk pasien dan ruangan untuk para medis. Dengan begitu, ruangan ini diharapkan bisa menampung para pasien yang sudah membludak dan tidak mampu ditampung penuh oleh RS rujukan yang ada.

"Saya juga melihat sarana prasarana siap. Baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, APD juga siap. Sehingga kita harapkan nanti sore RS darurat corona ini telah bisa dipakai," jelasnya.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet terbatas mengenai laporan tim gugus tugas corona covid-19, meminta rencana kontigensi untuk rumah sakit. Mengingat, lonjakan jumlah masyarakat yang positif corona covid-19 hingga mencapai 200 orang lebih.

Kepala Negara mengatakan, rumah sakit rujukan maupun yang dimiliki BUMN hingga TNI dan Polri, harus siap untuk rencana kontigensi ini.

"Dan juga bisa dimanfaatkan wisma atlet di Kemayoran, kapasitasnya cukup besar kalau enggak keliru 15 ribu," kata Presiden Jokowi dalam rapat kabinet melalui video conference, Kamis 19 Maret 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya