Polri Minta Empati, Sudah 45 Kasus Hoax Corona Ditindak

Kadiv Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono
Sumber :

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Argo Yuwono mengatakan sampai Selasa 24 Maret 2020 Korps Bhayangkara telah menindak sebanyak 45 kasus penyebaran berita bohong alias hoax soal virus Corona atau covid-19.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

"Penanganan kasus hoax virus Corona sampai dengan hari ini sebanyak 45 kasus," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 24 Maret 2020.

Empat kasus ditangani Direktorat Siber Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri. Sementara sisanya ditangani Polda-Polda yang ada di Tanah Air. Mulai dari Polda Metro Jaya hingga Polda Sulawesi Tengah. Argo menambahkan Polri menghimbau agar masyarakat tidak menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Masyarakat diharapkan berempati kepada para penderita, para dokter dan perawat yang bekerja keras dalam situasi seperti ini. Apabila masyarakat memerlukan informasi terkait virus Corona atau Covid-19 dapat mengakses situs resmi pemerintah yaitu www.covid19.go.id.

Dia menambahkan Polri akan terus melakukan patroli siber untuk mencegah beredarnya berita-berita hoax di media sosial yang meresahkan dan menindak tegas siapapun yang menyebarkan 

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Tersangka penyebaran berita bohong (hoax) diancam dengan hukuman UU ITE Pasal 45 Ayat (1) jo Pasal 28 Ayat (1) UU No.19 Tahun 2016 Tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 Tentang ITE dan atau Pasal 14 Ayat (1) UU RI No.14 Tahun 1946 dengan hukuman penjara 6 tahun dan denda Rp1 M," kata dia.
 

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024