#DiRumahAja karena Corona, Konsumsi LPG di Banten Naik 15 Persen

Pekerja menata tabung Liquefied Petroleum Gas (LPG) Bright Gas 5,5 kilogram
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III mencatat peningkatan konsumsi LPG nonsubsidi rumah tangga di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada sepekan terakhir. Kondisi itu seiring dengan imbauan bagi masyarakat untuk membatasi mobilisasi di luar rumah sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Unit Manager Communication and CSR MOR III, Dewi Sri Utami, mengatakan, di Banten pada Maret hingga awal pekan ini, terjadi peningkatan rata-rata konsumsi hingga 15 persen untuk produk LPG nonsubsidi Bright Gas 5,5 kilogram (kg) dan 12 kg. 

Kenaikan ini terjadi seiring dengan imbauan pemerintah agar masyarakat membatasi mobilisasi keluar rumah, bekerja, sekolah, dan beribadah dari rumah, termasuk banyak melakukan aktivitas di rumah termasuk untuk memasak. 

Chef Rumahan Indonesia Unjuk Gigi di Bright Gas Cooking Competition 2023

"Untuk memenuhi kebutuhan LPG masyarakat, meski sebagian masyarakat beraktivitas dari rumah, petugas Pertamina tetap siap dan siaga bekerja melayani kebutuhan LPG masyarakat,” ujar Dewi dalam keterangan tertulis dikutip Rabu 25 Maret 2020.

Dia mengungkapkan, dengan adanya imbauan untuk tidak beraktivitas di luar rumah, Pertamina juga menggencarkan layanan pesan antar melalui Call Center 135 untuk pembelian LPG nonsubsidi. Melalui layanan ini, konsumen tidak perlu keluar rumah, cukup menyebutkan jenis produk yang akan dipesan, serta alamat antar. Produk akan diantar dari pangkalan atau agen terdekat dari rumahnya. 

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

"Sebagai upaya mitigasi penularan virus, kami juga membekali petugas dengan alat pelindung diri dan alat kebersihan, seperti sarung tangan dan masker. Agar konsumen lebih aman dan nyaman,” ujarnya.

Sebelumnya, Pertamina mencatat layanan pemesanan LPG nonsubsidi melalui Call Center Pertamina 135 juga meningkat hingga 64 persen dibanding jumlah pemesanan pada Februari 2020. Pemesanan melalui Pertamina Delivery Service ini merupakan layanan pesan antar produk Pertamina yakni BBM dan LPG nonsubsidi. 

Jika konsumen ingin memesan melalui Call Center 135, harga produk untuk LPG nonsubsidi yakni Rp70 ribu untuk Bright Gas 5,5 kg dan Rp145 ribu bagi Bright Gas 12 kg. Untuk LPG, terdapat biaya pengantaran yakni Rp15 ribu per tabung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya