Wabah Corona di Jambi Meningkat, Anggota DPRD pun Masuk ODP

Ilustrasi antisipasi penyebaran virus corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Sebaran wabah virus corona (Covid-19) se-Provinsi Jambi meningkat dibandingkan data sebelumnya. Hingga saat ini pasien terus dirawat intensif di rumah sakit.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Informasi dihimpun VIVAnews, terkait covid-19 di seluruh Kabupaten dan Kota Jambi meningkat di tanggal 26 maret 2020. Orang dalam pantauan (ODP) menjadi 783, sedangkan pasien dalam pantauan (PDP) sebanyak 21 orang.

Tim gugus tugas penanganan covid-19 Jambi, Johansyah membenarkan ODP dan PDP Jambi meningkat. Saat ini, terus dilakukan pantauan intensif oleh pihak tim medis Jambi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Benar meningkat, kalau terkait covid-19 yang negatif sebanyak 9 orang dan 1 orang Positif terinfeksi virus corona," ujarnya dikutip Jumat 27 Maret 2020.

Dikatakan Johansyah, pasien yang diuji labolatorium di Jakarta ada sebanyak sebelas orang dan tinggal menunggu hasilnya apakah positif atau negatif.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Sementara itu, terkait adanya ODP termasuk anggota DPRD Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi serta mahasiswa dan anak sekolah SMA saat melakukan perjalanan ke pulau Jawa," jelasnya.

Johansyah mengatakan, terkait adanya TKI datang ke Kabupaten yang jumlahnya mencapai ratusan orang, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi sudah komunikasi langsung dengan Dinas Kabupaten Kerinci agar diseleksi. Setelah diseleksi, jumlah status ODP mencapai 18 orang dan PDP 3 orang.

"Ada juga 122 orang datang dari Batam namun belum mencakup kedatangan tersebut karena baru disampaikan Kamis sore tadi sekitar pukul 16.30WIB dan Jumat, 27 maret 2020 akan disampaikan kembali berapa ODP dan PDPnya," terangnya.

Tidak sampai di situ terkait covid-19 kementerian kesehatan ada memberi bantuan alat rapid tes sebanyak 240 dan diutamakan bagi orang yang kontak dengan pasien positif virus corona.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat atas alat pengetesan tersebut serta saat ini ada masker yang sudah disiapkan oleh dinas kesehatan provinsi Jambi dan bagi masyarakat khususnya Jambi bisa langsung komunikasi dengan pihak dinas kesehatan," terangnya.

Adapun sebaran terkait covid-19 di Provinsi Jambi diantaranya.
Kabupaten Tebo (92 ODP, 1 PDP).
Bungo (18 ODP, 1 PDP).
Kerinci (18 ODP, 3 PDP)
Merangin (3 ODP)
Sarolangun (242 ODP).
Batanghari (52 ODP)
Tanjung Jabung Timur (6 ODP, 1 PDP)
Tanjung Jabung Barat (3 ODP, 2 PDP)
Muaro Jambi (86 ODP, 2 PDP)
Kota Sungai Penuh (5 ODP)
Kota Jambi (258 ODP, 11 PDP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya