Cegah Corona, Tol Baru Palembang-Kayuagung Bisa-bisa Langsung Ditutup

VIVA – Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan kota Palembang menuju Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, resmi beroperasional mulai besok, Rabu, 1 April 2020. Akses jalan tol sepanjang 33 kilometer itu dioperasionalkan tanpa diresmikan secara langsung Presiden Joko Widodo.

Cegah Corona, Kemenhub Klaim Transportasi Saat Lebaran Terkendali

"Operasional jalan tol ini memang tidak ada peresmian. Langsung beroperasional mulai besok dan bukanya pukul 07.00 WIB," kata Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayuagung PT Sriwijaya Waskita Tol, Yusuf Ar Rosadi, Selasa, 31 Maret 2020.

Menurut Rosadi, jalan tol Palembang-Kayuagung bisa dinikmati pengendara umum bebas tarif alias gratis. Pihaknya sendiri belum menentukan sampai kapan pembebasan tarif, karena masih menunggu keputusan tarif dari Kementerian PU dan Kementerian Perhubungan.

Benarkah Pakai Obat Kumur Bisa Matikan Virus Corona?

"Kemungkinan pembebasan tarif ini berlaku selama dua pekan sampai satu bulan. Untuk konstruksi sudah 100 persen dari ruas Palembang ke Kayuagung. Namun khusus akses Jejawi, masih dalam pengerjaan," terangnya.

Meski sudah operasional, Tol Palembang-Kayuagung bisa saja bakal ditutup kembali. Hal itu dilakukan apabila Pemerintah Daerah atau Pemerintah Provinsi mengambil kebijakan karantina wilayah terkait antisipasi penyebaran wabah virus Corona Covid-19.

Kasus Corona di Sumut Meningkat, Aceh Perketat Perbatasan

"Ini untuk melayani yang dari Kayuagung sampai Palembang saja. Mungkin kalau ada instruksi Pemerintah Daerah mengisolasi, langsung kita taati. Yang pasti walaupun sudah operasional, kita tetap sediakan pos khusus untuk pengecekan penumpang," terangnya.

Selain itu, pihaknya pun mengimbau agar masyarakat menggunakan tongkat saat menempelkan kartu e-Toll. Sehingga tidak banyak menyentuh area yang paling sering di sentuh orang tersebut.

Pihaknya pun, sudah memasang imbauan dan peringatan berupa spanduk dan papan informasi di sepanjang ruas jalan tol. Imbauan berupa pengaturan kecepatan dan sebagainya. Marka jalan juga sudah terpasang sesuai standar. Sementara lampu penerangan jalan ditempatkan di sejumlah interchange.

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna tol, pihaknya pun menempatkan petugas di sejumlah titik bekerjasama dengan kepolisian, TNI, dan petugas jalan tol.

"Dengan adanya jalan tol ini, maka untuk perjalanan ke Kayuagung dari Palembang bisa ditempuh selama 20 menit saja, kecepatan minimal 60 kilometer per jam. Jika mau ke Lampung bisa lebih cepat karena hanya memakan waktu sekitar 3 jam," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya