Cegah Corona, Pertamina Sebar Wastafel Portabel di Pasar Semarang

VIVA – PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng dan DIY menyalurkan bantuan berupa wastafel portabel yang akan diletakkan di 16 titik di Kota Semarang. Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Wali Kota Semarang pada Rabu 1 April 2020

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

General Manager MOR IV, Iin Febrian, mengungkapkan bahwa bantuan wastafel portabel ini merupakan kelanjutan dari berbagai upaya dan program yang telah dilakukan Pertamina guna mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

Adapun 16 wastafel portabel ini akan ditempatkan di lokasi yang sering kali dikunjungi masyarakat di antaranya Pasar Genuk, Pasar Ikan Semarang Utara, Pasar Banyumanik, Kota Lama, Pasar Ngaliyan, dan beberapa pasar lainnya.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

"Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan pemerintah kota untuk penempatan wastafel portabel ini dan keenam belas unit wastafel portabel ini akan ditempatkan di pasar-pasar Semarang," kata Iin, dalam keterangan tertulis Pertamina.

Bantuan ini merupakan kelanjutan dari program pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya penyediaan hand sanitizer di armada BRT Trans Semarang.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Iin juga mengungkapkan alasan pasar tradisional menjadi lokasi yang dipilih untuk penempatan wastafel portabel. Karena di tengah pandemi Covid-19 dan penurunan aktivitas di luar rumah, pasar merupakan lokasi yang tetap dikunjungi masyarakat. 

Untuk itu, guna mengurangi risiko penularan Covid-19, kebersihan dan budaya mencuci tangan menjadi hal yang sangat penting.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengungkapkan bahwa pemerintah kota mengapresiasi tindakan aktif Pertamina melalui anggaran CSR-nya yang turut membantu pemerintah dalam upaya pencegahan tersebarnya virus Covid-19.

"Terima kasih Pertamina telah membantu pemerintah kota dan masyarakat untuk sama-sama memerangi Covid-19. Kami akan menjaga bersama-sama fasilitas ini agar bermanfaat untuk warga Semarang," tutur Hendrar.

Dalam program wastafel portabel ini, Pertamina turut menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang sebagai pelaksana program. Ke depannya bantuan ini akan dikeloka oleh Pemkot Semarang. 

Melalui bantuan ini, Pertamina berharap agar fasilitas kebersihan khususnya dalam masa wabah Covid-19 dapat lebih mudah diakses serta semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk rajin mencuci tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya