RS Darurat Covid-19 Pulau Galang Sudah Siap, Bisa Beroperasi 6 April

VIVA – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan bahwa Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 atau Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, bisa beroperasi pada Senin 6 April 2020.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Harapannya tanggal 6 April RS Darurat Pulau Galang sudah bisa dioperasionalkan," kata Yudo dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Jumat, 3 April 2020.

Yudo mengungkapkan bahwa pembangunan rumah sakit darurat penanganan yang dikhususkan bagi pasien penyakit Corona itu saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 96 persen.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

"Kemudian sarana prasarana sudah siap semua diharapkan tanggal 6 (April) ini bisa dioperasionalkan. Dan di sana juga sudah siap tim dokter selaku Dansatgaskes Kolonel Heru dari Kodam I," ujar Yudo.

Selain itu, Yudo menyebut, sedang dilakukan perekrutan terhadap tenaga medis dari TNI, Polri, dan para sukarelawan. Setidaknya, sudah ada 77 orang yang siap bertugas di RS Pulau Galang.   

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Di sisi lain, RS Pulau Galang juga sudah mengajukan permohonan pengadaan peralatan kesehatan atau alat medis. "Peralatan kesehatan dan alat medis sekarang sudah dimobilisasi diajukan ke Kemenkes, BUMN, BNPB," tutur Yudo.

Ilustrasi vaksin.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Indonesia Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Vaksin merek AstraZeneca diketahui juga digunakan di Indonesia saat pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024