Wabah Corona, MUI Minta Pemerintah Gelar Istighotsah Nasional

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon/VIVAnews.

VIVA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta kepada pemerintah untuk melaksanakan kegiatan istighotsah dan zikir nasional untuk memohon doa kepada Allah SWT, dalam rangka menangkal pandemi virus Corona yang melanda bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat dunia. 

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi berharap Kementerian Agama menginisiasi kegiatan tersebut, serta mengusulkan agar istighotsah dan zikir nasional langsung dipimpin oleh Wakil Presiden RI Kiai Ma'ruf Amin yang juga sebagai Ketua Umum MUI.

"Menurut hemat saya sebagai umat beragama, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia," kata Zainut kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis, 9 April 2020. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ia menjelaskan, berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah SWT agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk wabah pandemi virus Corona.

Dalam kegiatan istighotsah akan diisi dengan bacaan-bacaan kalimat thayyibah, seperti zikir, selawat kepada Nabi dan pembacaan doa. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Kegiatan tersebut bisa dikaitkan sekaligus dengan acara targhib menyongsong bulan suci Ramadan yang sebentar lagi tiba," katanya. 

Karena ada kebijakan pemerintah, lanjut dia, untuk menjaga jarak aman physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka  istighotsah dan zikir bersama diusulkan secara online yang disiarkan langsung melalui televisi nasional, sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari kediamannya masing-masing.

Usulan menyelengarakan istighotsah dan zikir nasional muncul pada saat Raker Kerja Komisi 8 DPR RI dengan Kementerian Agama. 

Juru bicara Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyampaikan, untuk menanggulangi wabah Covid 19 perlu menghadirkan pendekatan spritual melalui istighotsah dan zikir nasional dengan mengajak seluruh  masyarakat untuk bermunajat kepada Allah SWT, agar bangsa Indonesia diselamatkan dari ancaman wabah Covid 19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya