ILC 14 April 2020: PSBB Berlaku, Dengarlah Suara Rakyat

Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas memandu acara talkshow favorit ILC (Indonesia Lawyers Club).
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) pekan ini mulai diberlakukan di sejumlah daerah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19). DKI Jakarta menjadi wilayah pertama yang memberlakukan PSBB sejak 10 April 2020 - yang pedomannya disusun oleh Menteri Kesehatan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kota-kota tetangga Jakarta pun menyusul. Depok, Bogor dan Bekasi memberlakukan PSBB mulai Rabu, 15 April 2020, selama 14 hari. Sedangkan kawasan Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) berlakukan PSBB mulai 18 April 2020.

Di satu sisi, PSBB bisa menjadi cara ampuh untuk memutus rantai penularan corona dengan membuat masyarakat tidak bisa bepergian ke luar rumah, kecuali untuk membeli kebutuhan pokok atau bekerja di sektor-sektor esensial seperti yang sudah diatur. Warga tidak boleh piknik atau pesiar dan hanya bisa berkegiatan di rumah masing-masing.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Namun, di sisi lain, PSBB ini bisa memupus sumber nafkah warga yang memang hanya memenuhi kebutuhannya dengan bekerja setiap hari di jalanan. Mulai dari pengemudi ojek - online atau pangkalan - pedagang kecil hingga pekerja sektor informal. 

Di tengah upaya keras mengatasi pandemi virus corona, pemerintah tentu juga harus mendengar jeritan mereka dan perlu dicarikan jalan keluar. Jangan sampai PSBB ini malah memunculkan krisis baru berupa gejolak sosial dan ekonomi di tengah masyarakat.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Maka, masih terkait masalah penyebaran virus corona, sebagai program talkshow favorit di Tanah Air, ILC (Indonesia Lawyers Club) pekan ini menyajikan tema "PSBB Berlaku: Dengarlah Suara Rakyat". Para pejabat, aparat berwenang, politisi, tokoh masyarakat, hingga warga yang terdampak akan urun pendapat dalam talkshow itu, yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi tvOne, Karni Ilyas.

Saksikan ILC bertema "PSBB Berlaku: Dengarlah Suara Rakyat" pada Selasa malam 14 April 2020 pukul 20.00 WIB hanya di tvOne.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya