11 Warga Jateng Positif Corona Usai Ikut Ijtima Ulama Gowa

VIVA – Sebanyak 11 warga asal Jawa Tengah terpapar virus Corona atau Covid-19 usai menjadi peserta Ijtima Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan pada bulan Maret lalu. 

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

"Ada 11 warga Jateng yang menjadi peserta Ijtima Dunia di Gowa, mereka positif Covid-19 setelah diketahui dari hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR)," terang Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo di Kota Semarang, Jumat 17 April 2020.

Kesebelas orang tersebut berasal dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Bahkan, berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Dinkes Wonosobo, empat anggota keluarga di antara ke-11 orang tersebut juga telah dinyatakan positif.

Beri Dukungan, Habib Bahar Ultimatum Anies-Cak Imin: Jangan Sampai Berkhianat

"Ini terjadi local transmition. Sehingga dari hasil tracing, tercatat ada 4 anggota keluarga dari 11 orang tersebut yang juga positif virus Corona," ungkapnya.

Berdasarkan laporan tambahan, lanjut Yulianto, saat ini tercatat peserta ijtima Dunia di Gowa  asal Jawa Tengah mencapai 1.500 orang. Ia belum bisa menjelaskan secara rinci dari daerah mana saja yang menjadi peserta tersebut.

Ikut Ijtima Ulama, Habib Bahar Siap Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

"Kami menerima laporan diperkirakan ada sekitar 1.500 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah," katanya.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menelusuri berapa tepatnya jumlah peserta Ijtima Dunia yang berasal dari Jawa Tengah tersebut. Karena beberapa di antaranya sudah menunjukkan positif terinfeksi Covid-19 lewat tes PCR.

"Dari kontak para peserta dengan anggota keluarga mereka sudah ditemukan kasus penularan, seperti kasus 11 orang dan empat keluarganya. Kini upaya kami adalah melakukan penelusuran masih berjalan di berbagai daerah. Dan saya minta apabila ada informasi baru, segera laporkan pada kita," jelas Yulianto.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya