Isi Video Said Didu yang Membuat Luhut Lapor ke Kepolisian

Said Didu, Mantan Sekretaris Kementerian BUMN
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melaporkan mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu, dengan tuduhan pencemaran nama baik. Said dalam youtube channelnya menyebut Luhut hanya memikirkan uang, uang, dan uang.

Luhut Lapor Punya Harta Rp1 Triliun, Naik Rp 145 Miliar dari Tahun 2022

Melalui akun youtubenya MSD, ia mengunggah sebuah video obrolan dengan Hersubeno Arief yang berdurasi 22:45 menit. Video tersebut berjudul MSD: Luhut Hanya Pikirkan Uang, Uang, dan Uang.

Hersubeno Arief mengatakan Said Didu sudah berbusa-busa soal pentingnya membatalkan  pembangunan ibukota baru. Tapi, merujuk pernyataan Bappenas dan Luhut, akan tetap berjalan.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Said Didu: Selamat Jalan Bang, Perjuanganmu Akan Kami Lanjutkan

"Tapi kita dengar ibu Sri Mulyani menyatakan membuka dompet untuk menerima sumbangan dari masyarakat dan pengusaha. Ini bagaimana kita memahami ini Bang Said?" kata Hersubeno dalam tayangan youtube tersebut. 

Said pun menjawab tak mungkin Bappenas menyatakan hal tersebut bila bukan melaksanakan arahan presiden. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sudah menyatakan hanya bisa membangun ibukota kalau menjual aset. 

Komentar Tak Terduga Rocky Gerung Soal Luhut Binsar Pandjaitan Sakit Hingga Dirawat di Singapura

"Ditambahkan kemarin dia mau membentuk dompet sumbangan untuk mencari dana pencegahan corona, berarti sebenarnya Bu Sri Mulyani sudah jujur menyatakan beban APBN sangat berat," kata Said.

Said menambahkan pengeluaran negara pasti membengkak karena pandemi corona. Sementara pemasukan dipastikan turun karena ekonomi berhenti dan relaksasi pajak.

"Dengan pernyataan Pak Luhut dan Bappenas di sini masyarakat bisa menilai sebenarnya ke mana pemerintah berpihak dalam membangun negeri ini," kata Said. 

Said pun menilai masalah kesejahteraan umum tak diprioritaskan. Tapi pemerintah mementingkan legacy yang mengorbankan kepentingan masyarakat.

"Awalnya saya masih menduga kelihatannya legacy yang mau dibangun untuk pembangunan jangka panjang dan tak mengorbankan kesejahteraan masyarakat. Sekarang dengan terjadinya corona yang dikorbankan bukan lagi kesejahteraan, tapi keselamatan hidup masyarakat ingin dikorbankan demi legacy yang belum tentu berguna bagi masyarakat," kata Said.

Ia juga menyebut Sri Mulyani sudah kewalahan dengan dana untuk menangani corona. Tapi Luhut masih ngotot untuk tak mengganggu dana pembangunan ibukota. 

"Kalau seorang pemimpin akan mengalihkan semua anggaran-anggaran legacy pemimpin, cita-cita pemimpin untuk legacy pribadi dia ke depan demi menyelamatkan nyawa rakyat. Kelihatannya beliau lebih memilih legacy daripada menyelamatkan nyawa rakyat," katanya.

Lalu mereka juga membicarakan soal perbedaan pandangan antara Jokowi dan Prabowo melalui ajudannya terkait kebijakan lockdown. Kembali ke persoalan ibukota, dalam sidang kabinet diputuskan ibukota tak pindah. Tapi Jokowi malah berpidato tetap pindah ibukota. 

Perbedaan pendapat di dalam kabinet Said sebut sebagai suara yang akal sehat menonjol daripada hanya menjadi Yes Man saja. 

"Masyarakat sekarang yang paling utama apakah dia masih bisa hidup dengan baik. Mereka menunggu betul kebijakan publik seperti apa. Tapi kalau Luhut kan kita sudah tahulah, memang menurut saya di kepala beliau hanya uang, uang, dan uang. Tidak ada pikiran sedikit pun bagaimana negara ini, bukan tak sedikit pun, saya tak pernah melihat bagaimana dia mau berpikir membangun bangsa dan negara. Karakternya demikian hanya uang, uang, dan uang," katanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya