Sopirnya Positif Covid-19, Bupati Jayapura Belum Swab

Ilustrasi tes swab Corona Covid-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Sopir Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dinyatakan terinfeksi virus corona atau Covid-19 pada 20 Juni 2020 lalu. Informasi tersebut dibenarakan Juru Bicara Gugus Tugas Penananganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie. Saat ini, sang sopir masih dirawat di rumah sakit.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Ya betul, tapi itu sudah enam hari lalu. Kondisinya sudah sembuh, tapi masih dirawat di rumah sakit,” ujarnya saat dihubungi via telepon, Jumat 26 Juni 2020.

Diketahuinya sopir bupati posifit, berdasarkan hasil rapid test dan pemeriksaan swab yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Kemenkes RI dan Provinsi Papua. Khairul Lie menuturkan, ada 20 orang lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah dilakukan uji swab di lingkungan Pemkab Jayapura, termasuk bagian umum, rumah tangga Bupati Jayapura.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sebelumnya petugas medis telah melakukan rapid test pada sejumlah ASN. Setelah diperiksa, 1 orang diumumkan positif terinfeksi Covid-19 orang tanpa gejala (OTG).

“Dia adalah sopir dari Bupati Jayapura. Kalau pak bupati sendiri belum dilakukan pemeriksaan swab, karena sopir ini sudah beberapa hari tidak masuk kerja,” jelasnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut dia, belum dilakukannya swab terhadap bupati karena sopir tersebut sudah tidak bersama bupati sebelum dinyatakan positif Covid-19. Tetapi orang-orang dekat yang kontak dengan sopir bupati ini yang sudah dilakukan swab.

“Jadi sopir bupati ini kan sebelum sakit, kita sudah suruh karantina mandiri, jadi tidak bertemu lagi," katanya.

Khairul Lie menjelaskan, dari 20 orang lebih ASN yang sudah melakukan swab, hinggan kini belum keluar hasilnya. “Kita saat ini masih menunggu hasilnya. Kita berharap hasil swab ini segera keluar,” ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura per Jumat, 26 Juni 2020 sebanyak 187 orang. Dimana dalam perawatan 113 orang, sembuh 73 orang dan meninggal 1 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 24 orang, dan pasien dalam pengawasan sebanyak 154 orang. Sementara jumlah test PCR di Kabupaten Jayapura sebanyak 2007 sampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya