HUT ke-75 RI, Wamenhan Ingatkan Milenial untuk Selalu Berinovasi

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-75 pada 17 Agustus 2020. Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan perayaan kemerdekaan RI ke-75 kali ini dengan memasuki era bonus demografi mulai 2025-2030, yang ditandai dengan dominannya penduduk usia produktif.

Menteri KP Ingatkan Pembangunan Tanggul Laut Raksasa Tak Boleh Rusak Lingkungan

Di mana generasi milenial akan mengisi bonus demografi tersebut, sehingga perlu disiapkan untuk menggerakkan perekonomian bangsa di masa depan.

“Kepada para milenial, selalu belajar dan berkompetisi. Jangan kalah dengan milenial di luar negeri. Bikin inovasi dan lain sebagainya yang bisa membawa harum nama bangsa dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Wahyu dalam keterangan tertulis, Minggu, 16 Agustus 2020.

Kemenag Tagetkan 5 Ribu Pesantren Terima Inkubasi Bisnis hingga 2024, Saat Ini Baru 2.600

“Kita yang sudah senior selalu akan memberi ruang dan fasilitas untuk generasi berikutnya berkompetisi," tambahnya.

Menurutnya, saat Indonesia saat ini sedang berkompetisi, dan harus siap menghadapi semua negara di dunia.

KKP Usul Penggunaan Satelit dan Drone Bawah Air Untuk Penangkapan Ikan Terukur

Baca juga: Satgas COVID-19 IDI: Kondisi Saat Ini Sudah Lampu Merah

"Kita negara yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang kuat. Jadi, generasi berikutnya ini harus kita pacu, kita picu supaya mereka punya jiwa atau rasa nasionalisme yang tumbuh. Mereka lahir dan besar di manapun akan kembali ke Tanah Air negara ini. Mereka harus tunjukkan kecintaannya kepada bangsa ini melalui satu kreativitas dan inovasi, serta cinta produk lokal," tuturnya.

Ia mengungkapkan Kementerian Pertahanan melalui Program Bela Negara akan terus menyadarkan masyarakat, terutama para milenial untuk bangga sebagai orang Indonesia.

"Rasa bahwa saya adalah orang Indonesia, terlahir di Indonesia, memiliki kultur Indonesia, adat istiadat Indonesia. Kami ingin melalui program Bela Negara, milenial bangga terlahir di Indonesia, menjadi bagian dari warga dunia”. 

“Ini filosofi dari program Bela Negara itu. Kita jangan kalah dengan Korea Selatan yang mampu mengguncang dunia melalui budaya K-Pop. Jika dilihat dari sudut pertahanan, itu cara mereka melalui industri kreatifnya memengaruhi dunia. Indonesia harusnya bisa seperti itu karena kita punya seni dan budaya yang banyak," paparnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya