Jubir Jelaskan Maksud Pernyataan Wapres soal K-Pop Jadi Inspirasi

Wakil Presiden Maruf Amin
Wakil Presiden Maruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Pihak Wakil Presiden Ma'ruf Amin angkat suara mengenai ramainya respons masyarakat terkait pernyataan Ma'ruf tentang budaya Korea Selatan atau K-Pop. Ma'ruf dalam pemberitaan media sempat mengeluarkan pernyataan yang berharap budaya K-Pop dapat mendorong kreativitas anak muda Indonesia.

Hal ini mengundang komentar dari warganet dan berbagai pihak lainnya, salah satunya musisi Ahmad Dhani. Menurut Dhani, musisi Indonesia justru lebih bermutu.

Terkait hal itu, juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menilai pernyataan Ma'ruf pada Minggu, 20 September 2020 lalu itu telah disalahpahami oleh sebagian kalangan. Ada penilaian bahwa Wapres tidak paham musik dan seolah Wapres merendahkan kualitas musik Indonesia di bawah Korea.

Perbincangan publik juga kemudian bergulir luas. Menurut Masduki, beredar juga video pendek yang diunggah sebuah akun Facebook, dan unduhan video berisi gabungan potongan pidato Wapres dan penampilan girlband Korea.

"Semua itu tersebar di beberapa grup WhatsApp, yang memberi kesan seolah Wapres sedang menonton aksi grup musik perempuan Korea dengan kostum minim. Wapres seakan tengah memberi endorsement untuk menonton musik Korea itu," kata Masduki dalam pesan tertulisnya, Kamis, 24 September 2020.

"Sebagian komentar di media sosial pun mengisyaratkan niatan yang jauh dari etika, bahwa Wapres yang juga seorang ulama, dipersepsikan mengajak menyaksikan tontonan yang vulgar," imbuh Masduki.

Baca juga: Luhut Ingin RI Punya Greenport Supaya Tak Dilecehkan Singapura