Desmon Puji Polda Kalsel Redam Aksi Mahasiswa Tolak UU Cipta Kerja

Politikus Gerindra Desmond Mahesa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA- Ketua Tim Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa mengapresiasi Polda Kalsel telah mampu meredam aksi demo mahasiswa di Banjarmasin pada Kamis lalu hingga berakhir damai tanpa insiden.

"Ini berkat tim yang kuat di Polda Kalsel yang dikomando Kapolda. Petugas di lapangan mampu menahan diri dan mengendalikan massa," kata Desmond di Banjarmasin, Senin (12/10).

Hal itu disampaikannya menyikapi demo damai massa mahasiswa di Banjarmasin menolak Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) di depan DPRD Kalimantan Selatan.

Menurut Desmond, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta orang lama tugas di Jakarta yang kerap berhadapan dengan aksi serupa di Ibukota.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

BACA JUGA: Demo Omnibus Law Jilid 2, Polisi Pastikan Kawasan Istana Steril

Sehingga pengalaman sang Kapolda sebagai orang lapangan sangat fasih dalam mengomando pasukan pengamanan mencegah aksi anarkis yang tak terkendali.

"Namun kalau sudah mengganggu ketertiban umum dan kategori pidana, maka jangan salahkan aparat bertindak tegas. Ini memang sudah tanggung jawab Kepolisian dan tugas Polda Kalsel mengamankan daerah ini," tandasnya.

Apresiasi serupa juga ditujukan Desmond untuk Dewan di provinsi yang telah merespon dengan baik penyampaian aspirasi mahasiswa.

"Karena ini bukan persoalan daerah tapi keputusan politik pemerintah dan DPR. Sekarang tinggal keputusan presiden mensahkan. Kalau memang tidak puas, ada upaya hukum yang bisa ditempuh," ucapnya.

Desmond menegaskan, apapun yang terjadi hari ini merupakan pendidikan politik bersama bagi warga bangsa.
 
Pada pekan lalu, Aksi ribuan mahasiswa di Banjarmasin, memang sempat memanas dengan aksi dorong massa dengan petugas. Meski begitu petugas tidak terpancing hingga berhasil meredam massa kembali tertib.

Bahkan ketika massa menyalakan kembang api, petugas tidak juga terpancing dan mampu menahan diri di barisan pengamanan menutup akses ke depan DPRD Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat.

Petugas di lapangan dikomando Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch Noor Subchan dan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan bahkan menunaikan Shalat Dzuhur berjamaah bersama mahasiswa di tengah aksi demo yang dimulai sejak pagi hingga sore hari itu.

Akhirnya, massa membubarkan diri dengan tertib setelah tuntutan mahasiswa agar Ketua DPRD Kalsel H Supian HK berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi ke Presiden Joko Widodo dipenuhi wakil rakyat pada hari itu. (ant)

Ganjar Cerita Dicurhati Buruh soal UU Cipta Kerja: Tolong Pak Segera Review
Demo buruh (foto ilustrasi)

Tuntutan Buruh dalam Aksi May Day, Cabut UU Cipta Kerja hingga Tolak Upah Murah

Sejumlah aliansi buruh sudah memenuhi kawasan patung kuda untuk merayakan May Day atau Hari Buruh Internasional.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024