Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Basarnas kumpulkan kantong serpihan dan tubuh korban Sriwijaya Air SJ 182.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Hari ke-4 pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak di perairan Kepulauan Seribu mulai membuahkan hasil. Kotak hitam atau black box sudah berhasil ditemukan dan akan dibawa ke Posko SAR Gabungan di JICT, Tanjung Priok.

Tersisa Ekor Pesawat SAM Air Tersangkut di Pohon, Black Box Masih Misteri

Berdasarkan laporan reporter tvOne Rizky Darmansyah, Selasa, 12 Januari 2021, dijelaskan bahwa tim SAR gabungan sudah berhasil mengevakuasi black box Sriwijaya Air yang jatuh di perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Adapun lokasi black box ditemukan di titik yang sudah dipetakan sebelumnya, dan kini black box Sriwijaya Air sudah dibawa ke JICT dengan menggunakan kapal sea rider.

KNKT Ungkap 6 Penyebab Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa tim gabungan pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah menemukan titik yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat tersebut. 

Selain itu, tak hanya lokasi jatuhnya pesawat, tim gabungan juga sudah menemukan titik yang diduga kuat menjadi lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Saat ini para petugas telah menandai lokasi yang diduga kuat terdapat black box tersebut untuk selanjutnya disisir dan mengangkat black box tersebut.

Kesimpulan KNKT Terkait Investigasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182

"Kemudian yang kedua teman-teman dari TNI dan Basarnas termasuk TNI dan Polri hingga saat ini terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sekarang sudah kita beri marking," ujarnya.

Menurut Hadi, beberapa bagian kecil yang ditemukan bisa langsung diangkat, namun bagian besar memerlukan alat khusus untuk proses pengangkatannya. Hadi berharap proses pencarian dan pengangkatan serpihan pesawat tersebut dapat berjalan lancar. (ase)

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

5 Fakta Jatuhnya Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara

Sebelumnya dikabarkan pesawat Smart Aviation tujuan Tarakan-Binuang hilang kontak dan terjatuh di Kabupaten Nunukan.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024