Logo DW

Vaksin Corona untuk Lansia Ibarat Jas Hujan di Kala Hujan Lebat

privat
privat
Sumber :
  • dw

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 Coronavac dari Sinovac, China, bagi kelompok lansia di atas 60 tahun. Vaksinasi perdana terhadap tenaga kesehatan (nakes) dalam kelompok ini juga telah dilangsungkan pada Senin (8/2) pada pukul 09.00 WIB, demikian disampaikan juru bicara pemerintah dalam penanganan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro, melalui konferensi pers virtual, Senin (8/2) di Istana Negara.

Sebelumnya, pemerintah mengaku belum memiliki cukup data terkait penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia di atas 60 tahun mengingat dalam uji klinis fase 3 yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat, tidak melibatkan subjek uji dari kelompok lansia di atas 60 tahun. Namun, setelah mendapat data dukung dari uji klinis fase 1 dan 2 di China dan fase 3 di Brasil – yang keduanya melibatkan subjek lansia di atas 60 tahun – izin penggunaan darurat bagi kelompok itu akhirnya diterbitkan oleh BPOM pada Jumat (5/2).

Juru Bicara BPOM, Dr. Dra. L. Rizka Andalusia, dalam konferensi pers virtual, Senin (8/2) di Istana Kepresidenan Jakarta memaparkan hasil uji klinis di kedua negara tersebut.

“Uji klinik fase 1 dan 2 di China yang melibatkan subjek lansia sebanyak 400 orang, menunjukkan bahwa vaksin Coronavac yang diberikan dengan 2 dosis vaksin dengan jarak 28 hari menunjukkan hasil imunogenisitas yang baik, yaitu dengan sereconversion rate setelah 28 hari pemberian dosis kedua adalah 97,96%,” jelas Rizka.

Rizka juga menambahkan bahwa hasil uji klinis fase 3 di Brasil, yang melibatkan subjek lansia sebanyak 600 orang, menunjukkan bahwa penggunaan vaksin pada kelompok usia 60 tahun ke atas aman.

Disambut rasa syukur dan gembira

Keputusan BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac bagi kelompok berusia di atas 60 tahun jadi angin segar bagi para nakes aktif yang kini sudah berusia lanjut.