GAMKI Bantah Terlibat KLB Demokrat di Deli Serdang

Ilustrasi Ketum Demokrat AHY bersama sejumlah pengurus partai
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA –  Kisruh Partai Demokrat berlanjut dengan isu Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat akan dihelat di Hotel The Hill Sibolangit Deli Serdang, Sumatera Utara pada 4 sampai 6 Maret 2021. Perhelatan KLB di Deli Serdang ini dengan mengaitkan organisasi Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Terkait itu, Ketua Umum GAMKI, Willem Wandik membantah nama organisasi yang dipimpinnya terseret dalam konflik Demokrat.

"GAMKI adalah organisasi yang independen dan tidak terafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi manapun," ujar Willem, dalam keterangan resminya, Kamis, 4 Maret 2021.

Kasus DBD Meningkat Drastis, DPR Ingatkan Pemerintah Kerahkan Semua Sumber Daya

Dia menjelaskan fungsionaris pengurus ataupun anggota GAMKI, baik di pusat maupun daerah, diberikan kebebasan, hak berdemokrasi, dan hak politik secara pribadi masing-masing. Namun, ia menegaskan GAMKI punya batasan dengan tidak ikut campur dalam urusan internal organisasi atau partai politik yang sedang dilanda konflik.

"DPP GAMKI telah menelusuri dan mengkonfirmasi kepada Dewan Pimpinan Daerah GAMKI Provinsi Sumatera Utara terkait persoalan ini. Dapat kami tegaskan bahwa DPD GAMKI Provinsi Sumatera Utara ataupun DPC GAMKI se-Sumatera Utara tidak pernah melaksanakan kegiatan ataupun pertemuan apapun di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang pada tanggal 4-7 Maret 2021," jelas Willem.

Tabrakan Maut Kereta Api vs Mobil di Deliserdang, 2 Penumpang Tewas

Willem menambahkan GAMKI saat ini sedang membentuk tim pencari fakta untuk mendalami oknum yang memakai nama GAMKI. Ia menegaskan kembali agar jangan mengaitkan sama sekali antara GAMKI dengan konflik di Partai Demokrat.

"Siapapun orang yang terbukti mengait-ngaitkan organisasi GAMKI dalam urusan internal organisasi lainnya, kami dari DPP GAMKI akan melakukan langkah organisasi ataupun langkah hukum lainnya secara tegas dan terukur," sebut Willem.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Demokrat, Andi Arief, menyampaikan rencana KLB bakal digelar di Hotel The Hill Sibolangit Deli Serdang. Melalui akun Twitternya, @Andiarief_, Andi menyebut GAMKI, nama Kepala Staf Presiden Moeldoko, hingga sejumlah Jhoni Allen Marbun Cs.

"Ini bukan desas desus Pak Muldoko dan sebagian kader akan melakukan kudeta.  Temuan tim kami terjadi di Hotel The Hill di Sibolangit Kab Deli Serdang," tulis Andi dikutip VIVA pada Kamis, 4 Maret 2021.

Andi melanjutkan setelah tim Demokrat melakukan pengecekan yang tertera nama sejumlah mantan kader senior Demokrat yang dipecat. Mereka menyebut ada kegiatan GAMKI yang dilaksanakan selama tiga hari. 

"Setelah tim kami sampai di Lokasi, Meminta Informasi Ke Reception menanyakan Kegiatan Demokrat akan Tetapi Receptionist menjawab Kegiatan Demokrat  tdk ada akan ttp.yg Ada Kegiatan GAMKI ( Gerakan Angk Muda Kristen Indonesia ) yg dilaksanakan Selama 3 hari Kamis, Jumat & Sabtu," ujar Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya