Teliti Kuburan Menggelembung, BPPT Kirim Tim Survei Pendahuluan

Tanah kuburan di Pariaman, Sumatera Barat tiba-tiba meninggi
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menurunkan tim survei pendahuluan ke area pandam pekuburan di Korong atau kampung Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin, 29 Maret 2021. Tim itu akan bekerja menganalisis kuburan yang menggelembung dengan tiba-tiba di lokasi itu. 

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Ahli Geologi Sumatera Barat Ade Edward yang menjadi salah satu perwakilan tim survei itu menjelaskan, survei pendahuluan ini untuk memastikan apakah fenomena menggelembungnya tanah kuburan itu memang merupakan fenomena yang terjadi secara ilmiah atau sebaliknya hasil dari rekayasa oknum-oknum tertentu.

“Saya dikontak rekan-rekan di BPPT untuk survei pendahuluan ke lokasi. Melakukan analisis awal dan mengumpulkan data-data yang ada. Ini adalah proses standar sebelum dilakukannya penelitian lebih lanjut. Survei pendahuluan kita lakukan siang ini,” kata Ade Edward, Senin, 29 Maret 2021. 

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Menurut Ade, jika fenomena menggelembungnya tanah kuburan itu terjadi secara alamiah, akan ada tim lanjutan yang bakal melakukan survei dan penelitian lebih lanjut. Untuk kasus seperti ini, bisanyanya digunakan survei (lanjutan) bawah permukaan dengan metoda georadar. 

“Jika itu terjadi secara alamiah, maka akan ada survei lanjutan. Survei bawah permukaan dengan metoda georadar,” ujar Ade. 

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Ade menjelaskan, Georadar merupakan metode geoteknik dengan memanfaatkan gelombang radar untuk memvisualkan objek yang berada di bawah permukaan tanah. 

Nantinya, akan ada alat yang terdiri dari unit kontrol, antena pengirim dan antena penerima dan penyimpanan data yang sesuai dengan peralatan display yang dipasang di area itu. 

“Dalam seminggu ke depan, tim lanjutan berikut dengan peralatan georadar akan tiba di lokasi sekitar seminggu ke depan. Itu kalau fenomena menggelembung tanah kuburan itu terjadi secara ilmiah ya, bukan direkayasa. Nanti kita infokan lagi hasil survei awal ya. Sekarang dalam perjalanan menuju lokasi,” ujar Ade.

Sebelumnya, publik di Sumatera Barat khususnya yang ada di Korong atau kampung Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, geger. 

Sebab, ada sebuah makam yang secara tiba-tiba menggelembung atau meninggi dengan tiba-tiba. Sampai hari ini, kuburan yang sudah meninggi itu kian ramai dikunjungi orang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya