14.500 Vaksin Tiba, Segera Didistribusikan di Wilayah Sumatera Utara

14.500 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Bandara Kualanamu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebanyak 14.500 dosis vaksin AstraZeneca tiba di Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa sore, 27 Juli 2021. Vaksin itu dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta.

3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu Diduga Selundupkan Sabu-sabu 19 Kg

Dengan pengawalan Brimob Polda Sumut, belasan ribu dosis vaksin itu, langsung dibawa ke gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sumatera Utara di Jalan Prof M Yamin Nomor 41A Medan. Selanjutnya, akan dilakukan pendistribusian ke kabupaten/kota.

“Mulai besok akan didistribusikan. Saat ini tinggal menyelesaikan proses administrasinya saja,” ucap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah, Rabu 28 Juli 2021.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Aris mengatakan Pemprov Sumut mengajukan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 2 juta dosis vaksin. Hal itu, untuk mempercepat vaksinasi kepada masyarakat.

“Kalau yang dua juta itu adalah Sinovac. Karena untuk menggenjot penyuntikan dosis kedua,” tutur Aris.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Terpisah, Kepala Bagian Ops Satuam Brimob Polda Sumut, Kompol Heriyono mengatakan vaksin yang tiba sebanyak 3 koli dengan isi 14.500 dosis. Pengawalan dilakukan secara SOP bersama pihak terkait.

“Vaksin tiba di Terminal Cargo pada pukul 16.00 WIB. Vaksin dibawa dengan menggunakan pesawat Garuda GA-118 dan langsung bergerak menuju Gudang Farmasi Dinkes Pemprovsu dengan pengawalan ketat oleh personil Brimob," sebut Heriyono.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman vaksin.kemkes.go.id, vaksinasi dosis pertama di Sumut baru mencapai angka 16,04 persen atau 1.831.990 orang.

Sementara untuk dosis kedua baru mencapai 8,18 persen atau 934.401 orang. Angka ini masih jauh dari target 70 persen warga sebesar 11.419.559 orang di Sumut untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya