Resume Adalah? Pahami Arti, Perbedaan, dan Cara Membuatnya

Ilustrasi menulis | Photo by Bonnie Kittle on Unsplash
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Resume adalah sebuah ringkasan atau rangkuman dari tulisan yang panjang. Resume mengambil intisari yang disertai dengan rincian tulisan yang penting. Tapi, resume juga sering digunakan untuk menuliskan riwayat hidup secara singkat pada saat akan melamar pekerjaan. 

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Istilah resume pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena semasa sekolah dalam pelajaran Bahasa Indonesia sering diberikan tugas untuk meresume sebuah buku atau tulisan. Tapi, umumnya resume merupakan sebuah cara yang cukup efektif untuk menerangkan intisari atau pokok pikiran yang akan disampaikan kepada orang lain. 

Selain itu, banyak juga yang mengartikan bahwa resume, CV, dan ikhtisar itu sama. Padahal ketiganya memiliki perbedaan meskipun masih bersinggungan. Nah, berikut adalah ulasan lengkap mengenai resume yang dikutip dari berbagai sumber.

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu

Lantas, resume adalah?

Pengertian resume

Keren, Jurnal Ahkam UIN Jakarta Masuk 100 Jurnal Terbaik Dunia

Resume merupakan sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah buku atau tulisan yang panjang. Dalam sebuah resume, hanya dituliskan kembali intisari dan pokok pikiran, namun tidak menghilangkan detail atau bagian-bagian penting dalam tulisan. 

Resume adalah cara yang paling efektif dalam menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Misalnya ketika seorang penulis menerbitkan novel terbaru, kita dapat membuat resumenya terlebih dahulu supaya orang dapat memahami isi dan pikiran pengarang dalam penyampaian yang lebih ringkas. 

Perbedaan resume, ikhtisar, dan CV

1. Definisi resume

Resume/ringkasan/abstrak adalah membuat ide pokok atau isi esensial esai/tulisan menjadi bentuk yang lebih pendek. Isi resume tidak berbeda dengan gagasan utama yang terkandung dalam teks aslinya.

2. Definisi ikhtisar

Dari perspektif ini, ikhtisar ini juga merupakan ringkasan artikel yang lebih pendek dari aslinya. Tapi, ikhtisar ini tidak mempertahankan urutan gagasan utama yang membentuk artikel.

3. Definisi CV

CV merupakan sebuah dokumen yang bisa mendeskripsikan secara kronologis tentang data diri seorang pelamar pekerjaan. Dalam sebuah CV juga akan dicantumkan secara lengkap mengenai data pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, prestasi, dan lain sebagainya. 

Cara membuat resume

1. Pahami naskah aslinya

Langkah pertama dalam menulis resume tentu saja membaca teks aslinya. Lakukan langkah ini berulang-ulang sampai Anda benar-benar dapat memahami maksud dari pemikiran penulis.

2. Temukan gagasan aslinya

Untuk menulis resume, tentunya Anda harus menemukan ide pokok yang menjadi dasar penulisan. Kemudian, dengan menemukan gagasan utama, Anda juga dapat menyampaikan keseluruhan pesan secara objektif kepada orang lain.

3. Menulis resume

Setelah menyelesaikan dua langkah di atas, saatnya untuk memasukkan apa yang Anda pelajari ke resume Anda. Perlu dicatat bahwa resume tidak boleh menambahkan pendapat pribadi Anda.

Hal ini dilakukan agar tidak ada prasangka antara penulis resume dan penulis naskah asli. Kemudian gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Hindari kalimat yang panjang.

4. Membaca ulang resume

Setelah Anda selesai menulis resume Anda, Anda harus membacanya kembali sebelum dipublikasikan. Hal ini dilakukan untuk memprediksi jika terdapat kesalahan penulisan misalnya tidak sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya