Mr Bean Disalahkan atas Lesunya Penjualan Mobil Listrik, Kok Bisa?

Mr. Bean
Sumber :

Jakarta – Rowan Atkinson atau yang dikenal dengan Mr Bean dituding telah "merusak" reputasi kendaraan listrik (EV) dan berkontribusi terhadap lesunya penjualan mobil tersebut. Aktor Mr Bean ini diperiksa namanya di House of Lords pada senin kemarin dalam pertemuan komite lingkungan dan perubahan iklim.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Dilansir dari SkyNews, Selasa, 13 Februari 2024, lembaga thinktank Green Alliance memberikan pandangannya tentang hambatan utama yang dihadapi pemerintah dalam upayanya untuk menghapuskan mobil bensin dan diesel sebelum tahun 2035, dan mengatakan bahwa komentar dari bintang Johnny English yang diterbitkan pada bulan Juni 2023 telah merusak tujuan tersebut.

Rowan Atkinson.

Photo :
  • www.autoevolution.com
Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Kelompok penekan tersebut mengatakan kepada rekan-rekannya dalam sebuah surat yang dibagikan: "Salah satu artikel yang paling merusak adalah artikel komentar yang ditulis oleh Rowan Atkinson di The Guardian yang telah dibantah mentah-mentah.

"Sayangnya, pemeriksaan fakta tidak pernah menjangkau khalayak yang sama luasnya dengan klaim palsu yang asli, yang menekankan perlunya memastikan standar editorial yang tinggi di sekitar transisi menuju nol karbon."

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Karya aktor berusia 69 tahun ini menjadi berita utama: "Saya menyukai kendaraan listrik - dan merupakan pengguna awal. Namun, semakin lama saya merasa tertipu."

Atkinson menulis bahwa mobil listrik "tidak berjiwa" dan mengkritik penggunaan baterai lithium-ion.

Dia menyarankan solusi seperti pengemudi yang menggunakan mobil yang sama untuk jangka waktu yang lebih lama dan peningkatan penggunaan bahan bakar sintetis akan meniadakan kebutuhan akan mobil listrik, dengan mengatakan: "Semakin hari, saya merasa bahwa bulan madu kita dengan mobil listrik akan segera berakhir, dan itu bukan hal yang buruk."

Aktor yang menggambarkan dirinya sebagai "orang mobil" karena memiliki gelar di bidang teknik elektro dan elektronik ini mengatakan bahwa ia menyarankan teman-temannya untuk "menahan diri untuk saat ini" menggunakan mobil listrik, kecuali jika mereka memiliki kendaraan diesel tua.

Rowan Atkinson pemeran Mr Bean

Photo :
  • http://www.fanpop.com

Kemudian, The Guardian menerbitkan tanggapan pada minggu berikutnya dari Simon Evans, wakil editor dan editor kebijakan senior situs berita iklim Carbon Brief, yang berusaha menyanggah klaim Atkinson.

Evans menulis: "Kesalahan terbesar Atkinson adalah kegagalannya untuk mengakui bahwa kendaraan listrik sudah menawarkan manfaat lingkungan global yang signifikan, dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran."

Pandangan Atkinson digunakan untuk membuat poin yang lebih luas tentang laporan "menyesatkan" yang menghambat penjualan kendaraan listrik.

Tantangan lain yang disoroti selama pertemuan komite termasuk jumlah titik pengisian daya yang tidak mencukupi, harga yang lebih tinggi untuk EV dan "kurangnya pesan yang jelas dan konsisten dari pemerintah".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya