Jelang Tahun Baru Islam, Simak Doa Akhir dan Awal Tahun Berikut

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H akan segera tiba. Di akhir dan awal tahun nanti, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Tahun ini, 1 Muharram 1443 H akan jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Namun, Hari Libur Nasional yang awalnya ditetapkan sesuai dengan tanggal 1 Muharram, diundur menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.

Seperti diketahui, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Karenanya, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai ibadah sunnah, seperti berpuasa dan berdoa.

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, umat Muslim bisa memanjatkan doa di akhir dan awal tahun nanti. Berikut ini doa yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan keberkahan di akhir dan awal tahun mendatang, seperti dikutip dari situs NU Jatim.

Doa akhir dan awal tahun

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Doa akhir tahun

Simak doa warid akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW berikut ini. Untuk doa akhir tahun, dianjurkan untuk membacanya sebanyak 3 kali sebelum waktu maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Allaahumma maa ‘amalin fii haadzihis sanati maa nahaitanii ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiihaa ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii, wa da’autanii ilat taubati min ba’di jaraa’ati ‘alaa ma’shiyatik. Fa innii astaghfiruka faghfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardhaa, wa wa’attani ‘alaihits tsawaaba, fa’as’aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha’ rajaa’ii minka yaa karim.”

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah. 

Doa awal tahun

Doa yang dipanjatkan pada awal tahun bertujuan untuk mengharapkan anugerah, rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, dan berbagai kebaikan lainnya dari Allah SWT. Berikut ini doa yang bisa dibaca sebanyak 3 kali saat menyambut tahun baru.

Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwal. Wa ‘alaa fadhlikal ‘azhiimi wa kariimi juudikal mu’awaal. Haadzaa ‘aamun jadiidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fihi minas syaithaani wa auliyaa’ih, wal ‘auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’I, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikraam.”

Artinya: Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. 

Demikian doa akhir dan awal tahun yang disunnahkan Rasulullah SAW untuk dipanjatkan pada akhir dan awal tahun baru Islam untuk mengharapkan keberkahan dari Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya