Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput yang Habiskan Rp970 Miliar

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi resmi memulai operasional Rumah Susun yang berada di kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Presiden memuji konsep pembangunan ini karena menggabungkan hunian, kios pasar dan terintegrasi sarana transportasi. 

“Rumah susun Pasar Rumput yang dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial, dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016, hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,” kata Jokowi di lokasi, Senin 20 September 2021. 

Kata Kepala Negara, pembangunan yang diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini menelan biaya hingga Rp 970 miliar. Konsep mix-used, yang terdapat hunian serta kawasan komersial itu, terdiri dari 1.984 unit hunian vertikal tipe 36 sekaligus pasar dengan ratusan kios berada di lantai satu dan dua. 

“Keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya. Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas,” lanjut Presiden. 

Jokowi berharap, keberadaan Rusun Pasar Rumput ini mempermudah masyarakat Ibu Kota yang ingin punya hunian. 

“Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau,” kata Jokowi. 

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput Kota Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta,” tutup Presiden saat meresmikan.