Akun Instagram Pemkot Solo Diretas

Akun Instagram resmi milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, @pemkot_solo diretas.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Akun Instagram resmi milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, @pemkot_solo diretas. Peretasan akun yang telah terverifikasi centang biru itu itu disebut mulai terjadi sejak Jumat malam, 8 Oktober 2021.

Dagangan Laris Diserbu Pembeli, Jari Tukang Somay Ini Bikin Netizen Salfok: Penglaris Jalur Halal

Infomrasi diretasnya akun Instagram @pemkot_solo dikonformasi oleh Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemkot Solo Wahyu Kristina pada Sabtu pagi, 9 Oktober 2021.

Dalam keterangan resminya itu, Kristina menginformasikan bahwa akun resmi milik Pemkot Solo sedang mengalami peretasan. Saat ini proses pemulihan akun Instagram yang biasanya membagikan kegiatan yang dilakukan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maupun Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Influencer Cantik Tewas Ditembak Usai Posting Lokasi Makan Siang di Instagram

“Kronologi sejak Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 16.29 WIB, akun IG pemkot_solo terkena hack,” kata Kabag Prokompim yang akrab disapa Ina, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Baca juga: Irjen Sutanto Dapat Promosi Jabatan Gantikan Komjen Dharma

Pelaku Curanmor Babak Belur dan Nyaris Telanjang, Begini Ceritanya

Lebih lanjut, dia menjelaskan dalam peretasan akun resmi Pemkot Solo itu, email yang digunakan untuk mengakses akun tersebut juga diganti oleh pelaku sehingga admin akun Instagram @pemkot-Solo sejak saat itu tidak dapat login.

“Saat ini kami sedang memproses laporan ke Facebook selalu pemilik Instagram. Mohon maaf atas ketidaknyamannya,” ujarnya.

Berdasarkan penelusuran VIVA di akun resmi milik Pemkot Solo itu, peretas telah mengunggah 18 konten yang tak biasa. Di salah satu unggahannya terdapat video yang menampilkan aktor Hollywood The Rock atau Dwayne Johnson.

Sementara itu dalam unggahan terakhir yang dilakukan pada dini hari pukul 01.00 WIB, peretas kembali mengunggah video yang menampilkan foto kucing berwarna putih yang mengenakan caping. Lantas, dalam unggahan itu disertai keterangan “ATTENTION CICTIZEN!. This ini the Central Intelligentsis of the Chinese Communist Party. Dalam keterangan itu, selain menulis dalam Bahasa Inggris, peretas juga menulis menggunakan Bahasa Mandarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya