Sukmawati Sudah Izin Keluarga Besar Soekarno Kembali ke Agama Hindu

Sukmawati Soekarnoputri melakukan ritual di Pura Bali
Sukmawati Soekarnoputri melakukan ritual di Pura Bali
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Putri Presiden Soekarno alias Bung Karno Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah keyakinan dari agama Islam ke Hindu pada 26 Oktober 2021. Rencananya, upacara tersebut digelar di Balai Agung Singaraja, Bali.

Kepala Sukarno Center di Bali, Gusti Ngurah Arya Wedhakarna mengatakan bahwa Sukmawati sudah melakukan komunikasi dengan keluarganya untuk izin kembali pindah keyakinan dari Islam ke Hindu.

“Dari konfirmasi tentunya ibu Sukmawati pindah ke agama Hindu ini sudah persetujuan putra putri Beliau ada tiga orang,” kata Arya saat dihubungi VIVA pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Tiga anak Sukmawati yakni Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati dan Muhammad Putra Perwira Utamamerestui.

Selain itu Arya mengatakan Sukmawati juga sudah mendapatkan izin dari keluarga besar Soekarno terkait pindah keyakinan tersebut. Termasuk restu dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra dan Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra.

“Persetujuan dari keluarga Bung Karno juga, kakak-kakak dan adik-adik beliau seperti Ibu Mega, Bapak Guntur, Bapak Guru, dan almarhumah Ibu Rachmawati,” ujarnya.

Ia memastikan upacara pindah agama Sukmawati nanti akan dihadiri oleh keluarganya terutama putra putrinya. Namun, Arya menyebut Megawati memang tidak akan hadir karena memang undangan terbatas mengingat situasi pandemi COVID-19 saat ini.